Advertisement

Longsor Kali Pleret Tertangani, Kali Opak Belum

Abdul Hamied Razak
Kamis, 08 Februari 2018 - 07:20 WIB
Nina Atmasari
Longsor Kali Pleret Tertangani, Kali Opak Belum

Advertisement

Hujan yang terjadi di Sleman sepekan terakhir, menyebabkan longsor di beberapa talut

Harianjogja.com, SLEMAN- Hujan yang terjadi di Sleman sepekan terakhir, menyebabkan longsor di beberapa talut. Sebagian sudah ditangani, sebagian lainnya belum dibenahi.

Advertisement

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan menjelaskan, longsor terdeteksi sejak Sabtu (3/2/2018) malam di tebing sungai Pleret (hulu sungai pelang) wilayah Gejayan, Condongcatur Depok. Tanah yang longsor setinggi empat meter, sepanjang 10 meter selebar lima meter.

"Penyebabnya akibat hujan yang terus menerus turun di sekitar lokasi. Hari ini [kemarin] selesai ditangani," katanya kepada Harianjogja.com, Rabu (7/2/2018).

Proses perbaikan longsor memakan waktu karena tidak hanya melongsorkan material bebatuan saja. Di lokasi tersebut sebuah pohon Rampelas berdiameter 35cm juga ikut tumbang melintangi sungai.

Selain itu, kata Makwan, longsor juga mengancam pagar rumah milik Andi Jaka, 68. "Pondasi pagar dengan bibir sungai berjarak kurang lebih satu meter saat ini. Jadi cukup membahayakan," katanya.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Sleman, melakukan proses pemotongan pohon yang melintang di sungai dengan hati-hati. Pasalnya, posisi akar pohon tersebut berongga, dikawatirkan setelah terpotong roboh dapat membahayakan pemotong.

"Di sebelah jalur akar, terdapat bongkahan penguat pondasi runtuh, dikawatirkan kalau runtuh tertarik ikut runtuh. Jadi proses evakuasinya cukup memakan waktu," jelas Makwan.

Berbeda dengan itu, talut di bantaran Kali Opak yang longsor pada Selasa (23/1/2018) lalu sampai saat ini masih belum ditangani. Talut tersebut longsor sekitar 10 meter setinggi empat meter dan mengancam kandang peternakan ayam milik Sarwono, 50 RT 5/07 Bokoharjo, Prambanan.

Talut tersebut longsor akibat tidak kuat menahan air hujan yang turun Januari lalu. BPBD Sleman menyerahkan penanganan perbaikan talut tersebut ke BBWSSO DIY sesuai kewenangannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perbaikan Tol Bocimi Akibat Longsor Ditargetkan Rampung Juni

News
| Selasa, 16 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement