Advertisement

BENCANA KULONPROGO : 2 Kecamatan Ditetapkan Tanggap Darurat

Uli Febriarni
Selasa, 13 Februari 2018 - 17:55 WIB
Nina Atmasari
BENCANA KULONPROGO : 2 Kecamatan Ditetapkan Tanggap Darurat

Advertisement

Dua kecamatan di Kulonprogo dinyatakan berstatus tanggap darurat bencana

Harianjogja.com, KULONPROGO- Dua kecamatan di Kulonprogo dinyatakan berstatus tanggap darurat bencana, mulai 8-21 Februari 2018. Dua kecamatan tersebut meliputi Kokap dan Samigaluh.

Advertisement

Baca juga : http://m.harianjogja.com/?p=893930">Detik-Detik Longsor di Rumah Sumaryo, Pukul Kentongan tapi Kalah dengan Suara Hujan

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kulonprogo, Gusdi Hartono menjelaskan, status tanggap darurat tersebut diturunkan karena hujan deras terus mengguyur Kulonprogo hingga menyebabkan bencana longsor di kawasan perbukitan Menoreh.

Gusdi menyebutkan, sedikitnya muncul enam titik longsor di kawasan perbukitan menoreh yang telah menutup akses wisata. Titik-titik tadi meliputi Jalan Brajan - Kaliwunglon, Jalan Trayu - Suroloyo, Jalan Nyemani Sidoharjo, Jalan Nglambur - Suroloyo, Jalan Keji - Sulur, dan Jalan Bendo - Sendangsono.

"Untuk menangani material longsor yang menutup jalan, kami menggunakan bantuan alat berat, supaya cepat selesai. Akses jalan merupakan kebutuhan vital publik," kata dia, Selasa (13/2/2018).

Selain mengevakuasi tanah longsor akses menuju objek wisata, di Dusun Nyemani, Desa Sidoharjo dan Jalan Keji-Sulur, Kecamatan Samigaluh, BPBD juga sedang berupaya mengevakuasi material longsor sekaligus membuka kembali akses Jalan Nglambur - Suroloyo.

Ia menjelaskan, untuk wilayah kecamatan selain Kokap dan Samigaluh, hingga kini masih ditetapkan status siaga darurat bencana. Begitu juga status siaga darurat bencana untuk seluruh wilayah Kulonprogo, yang telah ditetapkan sejak 28 November 2017 hingga 31 Maret 2018.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kulonprogo Suhardiyana mengungkapkan, selain menyebabkan akses jalan tertutup, tanah longsor juga menyebabkan enam rumah warga tertimbun material longsoran di perbukitan Menoreh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement