Advertisement

Main Barongsai, Siswa SD Kanisius Belajar Keragaman Budaya

Rabu, 14 Februari 2018 - 22:40 WIB
Bhekti Suryani
Main Barongsai, Siswa SD Kanisius Belajar Keragaman Budaya

Advertisement

Siswa dan guru main barongsai.

Harianjogja.com, SLEMAN--Guru-guru dan siswa TK dan SD Kanisius Demangan Baru berkesempatan memainkan barongsai. Mereka bisa memainkan barongsai dari perkumpulan Panbers Jogja saat diadakan acara menyambut perayaan Imlek di sekolah tersebut, Rabu (13/2/2018).

Advertisement

Sebelum pertunjukan barongsai, guru dan siswa terlebih dahulu mengikuti Misa Rabu Abu sebagai permulaan paskah. Setelah itu, siswa disuguhi pertunjukan barongsai di aula sekolah.

Setelah menunjukkan kebolehannya, perkumpulan barongsai Panbers juga memberikan kesempatan guru dan siswa untuk memainkan barongsai secara bergantian. "Pertunjukan ini diselenggarakan untuk menghormati saudara-saudara kita kaum Tionghoa serta melatih kesadaran anak untuk menghargai budaya-budaya di Indonesia, khususnya antarteman di SD Kanisius Demangan Baru," kata Yohanes Hariyanta, Kepala SD Kanisius Demangan Baru di sela-sela acara.

Hariyanta berharap dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran anak-anak akan kebinekaan budaya Indonesia. "Terlebih menghadapi teman-teman sekolah yang beraneka budaya dan agama, sehingga ke depan mereka mempunyai wawasan kebangsaan dalam hidup bermasyarakat dan berbangsa," ujar Hariyanta.

Hariyanta menegaskan sekolahnya menjunjung tinggi nilai-nilai keberagaman dalam beragama, berbudaya dalam menerima siswa. "Seperti tertuang dalam nilai-nilai Kanisius, yaitu kasih, disiplin, cerdas, berani, dan jujur yang telah kami perjuangkan di Yayasan Kanisius," katanya. Acara juga dihadiri oleh Direktur Kanisius Cabang Jogja Rm Agustinus Mintara, SJ.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement