Patung Soekarno Bakal Berdiri di Meksiko

19 Februari 2018 18:55 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Maestro Pematung Yusman menjadi Juri Sayembara Pekerjaan Pembuatan Patung Presiden Soekarno di Meksiko

Harianjogja.com, BANTUL - Maestro Pematung Yusman menjadi Juri Sayembara Pekerjaan Pembuatan Patung Presiden Soekarno di Meksiko. Yusman satu-satunya juri yang resmi ditunjuk pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Selain sebagai Juri, dalam sayembara tersebut juga meggunakan Maket karya Maestro Yusman.

Menurut Yusman, Ia  berangkat ke Meksiko pada 7 November dan 12 November 2017, untuk persiapan. Kemudian ia berangkat lagi ke Meksiko untuk Penjurian mulai Tgl 23 Desember 2017 s/d 7 Januari 2008.

"Pengumuman pemenang tanggal 8 Januari 2018. Saya diminta ke Meksiko lagi pada 23-28 Februari 2018 mendatang untuk melihat hasil pengerjaan pemenang," tuturnya, dalam acara syukuran panitia penyelenggara Pameran Tunggalnya pada 20 Desember 2017 hingga 20 Januari 2018 yang lalu, di Studio Patung Yusman, Senin (19/2/2018).

Pameran patung tersebut tercatat dalam Museum Record Dunia Indonesia (MURI) atas Rekor Pemrakarsa dan Penyelenggara pameran tunggal patung berkelompok terbesar.

Dikatakan Yusman momen Sayembara Pekerjaan Pembuatan Patung Presiden Soekarno di Meksiko ini penting untuk diketahu publik Bangsa Indonesia. Menurutnya momentum ini menunjukkan bangsa kita itu bangsa besar. Presiden RI pertama, Soekarno, kata Dia, ketokohannya diakui di Meksiko dan negara-negara lain di dunia.

"Jangan sampai bangsa kita sendiri melupakan sejarah dan kebesaran bangsa kita, termasuk founding father bangsa Indonesia, terutama nilai-nilai yang ditanamkannya," imbuh Yusman.

Yusman menginformasikan, patung bung Karno di Meksiko nantinya akan dipasang di Taman Kota Meksiko bersama tokoh-tokoh dunia seperti Mahatma Gandhi dan lainnnya.