Gunungkidul Dapat Danais Puluhan Miliar

20 Februari 2018 16:57 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Danais digunakan untuk kegiatan di tiga dinas.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Pemkab Gunungkidul mendapatkan gelontoran dana keistimewaan (danais) mencapai Rp30 miliar lebih. Rencananya, dana tersebut digunakan untuk program kegiatan di tiga organisasi perangkat daerah (OPD), yakni Dinas Kebudayaan, DPUPRKP dan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul Sri Suhartanta mengatakan, alokasi danais di tahun ini lebih tinggi dibandikan anggaran yang diberikan 2017 lalu. Tahun ini, anggaran yang diberikan lebih dari Rp30an miliar, sedang di tahun lalu alokasinya hanya Rp26 miliar.

Menurut dia, aloaksi danais sudah tertuang dalam program kegiatan di dalam APBDes 2018. “Dipanya sudah ada dan ada dituangkap dalam program kegiatan di tiga OPD. Dari jumlah ini, dinas kebudayaan memiliki alokasi yang terbesar dibandingkan dengan yang diterima di DPUPRKP dan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang,” kata Sri Suhartanta kepada Harianjogja.com, Selasa (20/2/2018).

Meurut dia, besarnya alokasi di Dinas Kebudayaan terlihat dari pembangunan gedung budaya yang anggarannya mecapai Rp15 miliar. Sedang di sisi lain, OPD tersebut juga masih memiliki sejumlah kegiatan seperti Festival Kesenian Yogyakarta, pembinaan desa budaya dan kebudayaan.

Selain itu, untuk urusan kebudayaan, danais juuga digunakan untuk membiayai program kegiatan yang berkaitan dengan kelembagaan, urusan pertanahan dan tata ruang. “Untuk pastinya kami sedang melakukan pendataan terhadap alokasi danais di masing-masing OPD. Yang jelas, alokasinya lebih dari RP30 miliar,” ujar mantan Kepala Bagian Perekonomian ini.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Gunungkidul Winaryo membenarkan jika OPD yang dipimpin mendapatkan jatah alokasi danais. Untuk tahun ini, lanjut dia, pihaknya mendapatkan dana sebesar Rp7,1 miliar. “Dananya sudah kami masukan di dalam program kegiatan di 2018,” katanya.