Advertisement

Harga Beras di Gunungkidul Mulai Turun

Herlambang Jati Kusumo
Senin, 26 Februari 2018 - 21:55 WIB
Nina Atmasari
Harga Beras di Gunungkidul Mulai Turun

Advertisement

Pedagang beras di Gunungkidul menilai hingga kini harga beras masih fluktuatif

 
Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Tingginya harga beras masih dirasakan pedagang. Pedagang menilai hingga kini harga beras masih fluktuatif.

Advertisement

Salah satu pedagang di Pasar Argosari, Wonosari Tumiyah mengatakan rata-rata beras memang mengalami penurunan. "Sudah ada penurunan ya sekitar Rp200 per kg-nya, belum begitu banyak turunnya, tapi kadang naik sedikit juga," katanya, Senin (26/2/2018).

Dia menduga dampak melambungnya harga beberapa waktu lalu, dan masih dirasa sampai sekarang, dikarenakan badai Cempaka tiga bulan lalu yang merusak lahan pertanian warga.

Selain itu juga dia mengatakan ada sejumlah orang yang membeli banyak gabah milik petani sehingga menyebabkan sulit mencari gabah. Hal itu menyebabkan harga beras di pasaran menjadi naik.

Tumiyah mengatakan kemauan anak muda untuk bertani juga berpengaruh dengan sulitnya mencari buruh tani, sehingga menyebabkan ongkos tenaga menjadi naik, yang secara tidak langsung akan berpengaruh ke harga beras.

Terkait operasi pasar yang pernah berlangsung beberapa waktu yang lalu dia mengatakan tidak begitu berpengaruh ke harga beras. "Operasi Pasar beberapa waktu lalu juga tidak begitu berpengaruh. Saya jualnya lama juga, lakunya ke pedagang nasi goreng saja," ujarnya.

Kepala seksi distribusi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Gunungkidul, Sigit Haryanto mengatakan harga beras memang belum ada penurunan signifikan baik untuk beras premium maupun medium.

"Untuk yang premium belum ada penurunan, yang beras medium masih fluktuatif, naik turun terus masihan. Beras Ir.1, Sabtu (24/2/2018) Rp12.300, sedangkan Ir.2 Rp9.700. Namun untuk stoknya sudah ada semua, aman," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement