Baznas Terima 90 Proposal Bantuan Tiap Bulan

03 Maret 2018 12:20 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Kegiatan rutin setiap bulan itu berupaya menekan angka keluarga miskin

Harianjogja.com, SLEMAN-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sleman menyerahkan bantuan kepada masyarakat kurang mampu melalui kegiatan tasyaruf di Kantor Baznas, Jumat (2/3/2018). Setiap bulan, lembaga ini menerima sekitar 90 proposal bantuan.

Ketua Baznas Sleman Kriswanto menjelaskan, kegiatan rutin setiap bulan itu berupaya menekan angka keluarga miskin. Bantuan yang diberikan berupa barang ataupun uang yang disesuaikan dengan permohonan yang diajukan oleh mustahiq (orang yang berhak menerima zakat).

"Setiap bulan kami menerima sekitar 90 proposal permohonan bantuan dengan pengeluaran antara Rp250 juta hingga Rp300 juta setiap bulan," katanya.

Untuk mendapatkan bantuan dari Baznas, mustahiq dapat mengajukan proposal, baik perorangan maupun kelompok. "Prosedurnya, tentu melalui proses verifikasi lapangan untuk menyesuaikan dengan data yang diajukan,” ujarnya.

Kriswanto juga menjelaskan, untuk tahun ini pemkab menargetkan perolehan zakat hingga Rp3 miliar. Target tersebut melebihi target tahun lalu Rp2,7 miliar. Target dapat tercapai melalui pekan zakat panutan dan sosialisasi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tertib membayar zakat setiap bulan.

Joko Purnomo, warga Trihanggo Sleman mengaku terbantu dengan program tersebut. Ia mendapat bantuan satu unit gerobak angkringan untuk menjalankan usahanya. "Saya ajukan permohonan alhamdulillah diterima. Saya akan menjaga amanah ini. Semoga usaha saya berkah dan lancar," harapnya.