Advertisement

Bukan Cagar Budaya, Bioskop Indra Boleh Dibangun Ulang

I Ketut Sawitra Mustika
Minggu, 01 April 2018 - 18:20 WIB
Arief Junianto
Bukan Cagar Budaya, Bioskop Indra Boleh Dibangun Ulang Alat berat merobohkan bekas gedung bioskop Indra di Jalan Malioboro, Jogja, Rabu (28/3). Pembersihan bangunan eks Bioskop Indra ini nantinya akan dibangun gedung berantai 3 yang dipergunakan untuk PKL. Selain PKL juga akan jadi tempat dagangan PKL dan sebagian untuk parkir. Perobohan yang dijaga ketat aparat.(Gigih M. Hanafi/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Tidak ada aturan yang melarang pembangunan ulang bekas gedung Bioskop Indra yang berada di kawasan Malioboro. Pasalnya bangunan tersebut diklaim pemerintah merupakan warisan budaya, bukan cagar budaya.
Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Gatot Saptadi mengatakan Bioskop Indra bukanlah cagar budaya, melainkan warisan budaya. Itulah sebabnya gedung tersebut bisa dibangun ulang, dengan catatan ada penanda sebagai jejak sejarah.
Diakuinya, bangunan yang tidak boleh diubah adalah cagar budaya. Akan tetapi warisan budaya bisa diubah selama ada bagian-bagian yang menunjukkan ciri khas bangunan tersebut.
"Bentuk penanda kan macam-macam. bisa mempertahankan fasad, bisa satu komponen bangunan kami pertahankan, jadi orang-orang bisa tahu kalau di sini dulu ada Bioskop Indra. Sama kayak Pintu Selatan Kepatihan, itu juga warisan budaya, artinya ada satu pagar yang dipertahankan sebagai penanda," jelasnya.
Seperti diketahui, Pemda DIY bakal membangun sentra PKL di lahan bekas Bioskop Indra. Rencananya bangunan itu akan terdiri dari tiga lantai. Lantai paling bawah atau semi basement akan digunakan untuk menyimpan gerobak PKL. Kemudian lantai di atasnya diperuntukkan bagi penjual makanan kering. Adapun Lantai I akan dijadikan pusat suvenir. Sedangkan lantai paling atas akan diisi oleh para penjual pakaian.
Tak jauh dari bangunan utama atau tepatnya di bagian barat gedung utama, nantinya juga akan dibangun taman kuliner. Pengerjaan sentra PKL ditargetkan selesai akhir tahun ini dengan biaya pembangunan mencapai Rp44 miliar.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

ASN Akan Dipindah ke Ibu Kota Nusantara Secara Bertahap hingga 2029, Ini Prioritasnya

News
| Jum'at, 19 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement