Advertisement

Banyak Pengantin Baru, Jogja Kekurangan Ribuan Rumah

Holy Kartika Nurwigati
Rabu, 11 April 2018 - 20:50 WIB
Bhekti Suryani
Banyak Pengantin Baru, Jogja Kekurangan Ribuan Rumah Ilustrasi perumahan berskema FLPP (Rachman/JIBI - Bisnis)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Selisih pasokan dan permintaan rumah atau backlog perumahan di DIY masih 250.000 unit. Sementara pasokan hunian yang baru bisa dikembangkan baru sekitar 3.000 unit per tahun.

"Kami terus berupaya untuk dapat mengurangi backlog perumahan itu. Di mana jumlahnya mencapai 250.000 unit untuk DIY saja," ujar Ketua Real Estate Indonesia (REI) DIY, Rama Adyaksa Pradipta, Rabu (11/4/2018).

Advertisement

Kendati kini hunian-hunian vertikal mulai giat dikembangkan sejumlah pengembang, terutama menyasar kaum milenial dan executive muda. Namun, upaya itu belum bisa mengurangi backlog perumahan yang ada sekarang ini.

Rama memaparkan tahun ini, REI DIY berupaya fokus untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan hunian. Diakui Rama, potensi untuk mengembangkan hunian untuk menyasar keluarga muda masih sangat besar.

"Suplai kami baru sekitar 3.000 unit per tahun. Itu pun sebagian besar bukan untuk rumah primer, tetapi banyak untuk investasi. Jadi belum bisa mengurangi backlog perumahan secara signifikan," papar Rama.

Seiring dengan tumbuhnya konsumen perumahan yang didominasi keluarga muda atau pengantin baru, maka kebutuhan akan hunian jadi semakin tinggi. Rama mengungkapkan potensi untuk konsumen hunian dari kalangan tersebut di DIY ini masih sangat tinggi.

"Potensinya sangat besar, cuma lahannya memang masih menjadi kendala kami. Maka dari itu, perlu dicarikan solusi untuk bisa memenuhi kebutuhan hunian itu. Karena lahan yang cukup dapat turut mengurangi backlog perumahan yang ada saat ini," jelas Rama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anggaran Pupuk Bersubsidi Sentuh Rp54 Triliun, Mentan: Awasi Distribusinya

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement