Jelang Lebaran, Okupansi Hotel di Jogja Mulai Meningkat

Pelancong menikmati suasana kawasan pedestrian Malioboro, Yogyakarta yang lengang seperti terlihat pada Senin (29/05/2017). - Harian Jogja/Desi Suryanto
07 Juni 2018 11:17 WIB Holy Kartika Nurwigati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Pada H-1 Lebaran, tingkat hunian kamar hotel di sejumlah hotel bintang di Jogja hampir mencapai 100%. Sebagian besar tamu yang akan menginap didominasi oleh tamu domestik dari berbagai daerah di Indonesia.

Marketing and Communications Manager Royal Ambarrukmo Yogyakarta Hotel, Khairul Anwar mengatakan rerata tingkat hunian kamar hotel ini mencapai 70%, grafik okupansi mulai mengalami kenaikan pada H-2 Lebaran hingga H+6 Lebaran.

"Optimis okupansi kami akan terisi penuh 247 kamar. Memang biasanya akan penuh saat last minute booking dan melalui online travel agent," ujar Awang kepada Harianjogja.com, Rabu (6/6/2018).

Saat ini, kata Awang, okupansi kamar hotel bintang lima ini masih relatif rendah. Rerata okupansi per hari hotel ini sekitar 40%. Pada libur panjang Lebaran, diperkirakan okupansi akan berangsur naik.

"Kebanyakan tamu dari Jakarta, Surabaya, Bandung dan Semarang. Tamu domestik masih yang akan mendominasi pada Lebaran nanti," ungkap Awang.

Hal senada juga disampaikan Marketing Communications Manager The Phoenix Hotel Yogyakarta, Maria Perwitasari. Sebagai hotel bintang lima yang banyak dikunjungi tamu mancanegara, okupansi baru akan meningkat mendekati Lebaran.

"Kalau trennya sekarang last minute booking dan saat ini okupansi kami masih 40 persen. Ini juga sudah mulai masuk summer holiday, jadi kemungkinan tamu asing juga akan banyak yang menginap," ungkap Sari.

Namun, okupansi sudah masuk 100% untuk hotel-hotel yang berada di kawasan Malioboro. Okupansi kamar di Whiz Prime Hotel Malioboro Yogyakarta mulai H-1 sudah mulai terisi penuh.

Lokasi yang strategis, kata Hotel Manager Whiz Prime Hotel Malioboro Yogyakarta M. Reza Pahlevi, menjadi daya tarik tamu yang akan menghabiskan masa libur Lebaran di Jogja. Sebagian besar tamu yang berasal dari daerah lain datang untuk menikmati wisata yang berada di kawasan Malioboro.

"Periode Lebaran ini, mulai H-1 dari tanggal 14 Juni sampai 21 Juni, sudah terisi penuh, okupansi sampai 100 persen," ujar Reza.