Arus Mudik Belum Terlihat di Gunungkidul, Jalanan dan Terminal Masih Sepi

Jalan menuju Gunungkidul di kawasan Paruk tampak masih sepi, Sabtu (9/6/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
10 Juni 2018 05:17 WIB Herlambang Jati Kusumo Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Memasuki mudik Lebaran 2018, arus lalu lintas di Gunungkidul tampak masih lengang. Beberapa titik yang diprediksi akan ramai saat mudik kali ini masih belum ada peningkatan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul Syarief Armunanto mengatakan menurut tim yang berada di lapangan belum ada kemacetan. Arus lalu lintas di jalan utama masih lancar.

“Belum ada lonjakan pemudik ataupun wisatawan. Menurut pantauan di Pos Siyono, Playen lancar, di Pos Patuk juga masih lancar. Diprediksi arus kendaraan akan meningkat besok pagi [Minggu (10/6)] mulai ada pemudik,” kata Syarief, Sabtu (9/6/2018).

Terminal di Semin yang dikatakan sudah siap menerima para pemudik, dinilai saat ini masih sepi. Termasuk jalan menuju kawasan wisata menurut Syarief masih sepi.

Pihaknya juga menyiapkan beberapa jalur alternatif untuk mengantisipasi kepadatan, untuk pintu masuk barat yaitu Jalan Piyungan-Sorogedug-Jembatan sembada handayani-Nglanggeran-Wonosari. Lalu Jalan Piyungan-Petir Ngoro-oro-Nglanggeran-Wonosari, lalu Cinomati-Dlingo-Getas-Playen-Wonosari, tetapi ketiga jalan tersebut tidak dirkomendasaikan untuk angkutan besar.

Selain itu, Imogiri-Dlingo/Mangunan-Getas-Playen-Wonosari, Bantul-Panggang-Saptosari-Paliyan-Wonosari. Pintu masuk utara, Gedangsari-Nglanggeran-Wonosari tidak rekomendasi kendaraan besar, lalu Gedangsari-Nglipar-Wonosari, dan Cawas-Ngawen/Semin-Karangmojo/Nglipar-Wonosari. Untuk pintu masuk timur bisa melalui Sukoharjo-Candirejo-Semin-Karangmojo-Wonosari atauManyaran-Semin-Karangmojo-Wonosari, bisa juga melaluiPracimantoro-Bedoyo-Semanu-Wonosari.

Suasana Terminal Dhaksinarga, Sabtu (9/6/2018)./Harian Jogja-Herlambang Jati Kusumo

Senada dengan Syarief, menurut Ketua Asosiasi Bus Malam di Terminal Dhaksinarga, Wonosari, Agustinus, saat ini pemudik masih belum begitu terlihat di terminal. “Masih sepi, ya peningkatan yang datang memang ada tetapi belum banyak. Nanti mulai banyak biasanya H-3 atau H-4 Lebaran, dari Jakarta itu banyak yang pulang ke Gunungkidul,” katanya.

Dia mengatakan biasanya saat penumpang melonjak, aka nada bis tambahan yang disiapkan. “Nanti akan ada bis tambahan, menurut aturan bis tambahan memang harus lapor, sudah dikomunikasikan juga,” katanya.