Advertisement

Pilurdes di Bantul segera Masuk Tahap Pendaftaran Bakal Calon

David Kurniawan
Sabtu, 14 Juli 2018 - 19:37 WIB
Nina Atmasari
Pilurdes di Bantul segera Masuk Tahap Pendaftaran Bakal Calon Ilustrasi. - Solopos/Agoes Rudianto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL – Pemilihan Lurah Desa (pilurdes) serentak di Bantul sudah mulai memasuki pendaftaran bakal calon. Rencananya pendaftaran dibuka mulai Kamis (19/7/2018) hingga Jumat (27/7/2018) mendatang.

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Desa, Sekretariat Daerah Bantul Jazim Azis mengatakan minggu depan tahapan pilurdes memasuki pendafaran bakal calon lurah desa. Pendaftaran ini terbuka untuk umum karena bakal calon tidak lagi dibatasi status domisili.

Advertisement

Rencananya pendaftaran dilakukan di masing-masing desa dan dilanyani oleh panitia pemilihan yang telah dibentuk. Proses pendaftaran dibuka selama hari kerja mulai 19-27 Juli mendatang. “Pendaftaran terbuka dan siapa saja boleh mendaftar,” katanya kepada Harianjogja.com, Sabtu (14/7/2018).

Menurut dia, sesuai dengan aturan dalam pilurdes, ada batas minimal bakal calon pendaftar yakni dua orang. Jika syarat minimal tidak terpenuhi akan dilaksanakan perpanjangan masa pendaftaran.

“Untuk batas maksimal dalam pendaftaran tidak ada batas, tapi untuk calon hanya lima orang. Jadi, jika pendaftaran bakal calon melebihi lima kandidat akan dilakukan seleksi dan dipilih lima calon dengan nilai terbaik,” ungkapnya.

Jazim pun berharap pelaksanaan pilurdes dapat berjalan dengan aman dan lancar. Oleh karenanya, semua elemen masyarakat, perangkat hingga petugas keamanan mendukung kesuksesan pilurdes serentak di 30 desa. “Harapan kami semua mendukung terciptanya pilurdes yang aman dan damai,” imbuh Jazim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tertidur 22 Tahun Gunung Ruang Erupsi, Gempa hingga 944 Kali dalam Satu Hari

News
| Kamis, 18 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement