Pilurdes di Bantul segera Masuk Tahap Pendaftaran Bakal Calon

Ilustrasi. - Solopos/Agoes Rudianto
14 Juli 2018 19:37 WIB David Kurniawan Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL – Pemilihan Lurah Desa (pilurdes) serentak di Bantul sudah mulai memasuki pendaftaran bakal calon. Rencananya pendaftaran dibuka mulai Kamis (19/7/2018) hingga Jumat (27/7/2018) mendatang.

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Desa, Sekretariat Daerah Bantul Jazim Azis mengatakan minggu depan tahapan pilurdes memasuki pendafaran bakal calon lurah desa. Pendaftaran ini terbuka untuk umum karena bakal calon tidak lagi dibatasi status domisili.

Rencananya pendaftaran dilakukan di masing-masing desa dan dilanyani oleh panitia pemilihan yang telah dibentuk. Proses pendaftaran dibuka selama hari kerja mulai 19-27 Juli mendatang. “Pendaftaran terbuka dan siapa saja boleh mendaftar,” katanya kepada Harianjogja.com, Sabtu (14/7/2018).

Menurut dia, sesuai dengan aturan dalam pilurdes, ada batas minimal bakal calon pendaftar yakni dua orang. Jika syarat minimal tidak terpenuhi akan dilaksanakan perpanjangan masa pendaftaran.

“Untuk batas maksimal dalam pendaftaran tidak ada batas, tapi untuk calon hanya lima orang. Jadi, jika pendaftaran bakal calon melebihi lima kandidat akan dilakukan seleksi dan dipilih lima calon dengan nilai terbaik,” ungkapnya.

Jazim pun berharap pelaksanaan pilurdes dapat berjalan dengan aman dan lancar. Oleh karenanya, semua elemen masyarakat, perangkat hingga petugas keamanan mendukung kesuksesan pilurdes serentak di 30 desa. “Harapan kami semua mendukung terciptanya pilurdes yang aman dan damai,” imbuh Jazim.