Advertisement

Perhatikan Ini, Tak Boleh Merokok di Area Penyembelihan Kurban!

Fahmi Ahmad Burhan
Kamis, 09 Agustus 2018 - 09:17 WIB
Nina Atmasari
Perhatikan Ini, Tak Boleh Merokok di Area Penyembelihan Kurban! Pedagang hewan kurban Sumaryanto sedang memberi makan kambingnya di lokasi ia berjualan Jalan KRT Pringgodiningrat, Dusun Drono, Desa Tridadi, Sleman pada Selasa (7/8/2018). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan (DP3) Sleman mulai mengawasi hewan kurban. Antisipasi dilakukan dengan sosialisasi tata cara pemotongan hewan kurban. Sementara 293 petugas siap diterjunkan guna memantau di lokasi pemotongan.

Kepala Bidang Peternakan DP3 Sleman Husein Siswanto mengatakan pemantauan sudah dilakukan sementara di beberapa pasar hewan dan peternak hewan. Sampai saat ini berdasarkan data dari DP3 sudah terpantau sehat sebanyak 1.553 ekor sapi, 9 ekor kambing, dan 1.113 ekor domba. Pemantauan dilakukan di 53 titik.

Advertisement

Selain itu, Husein mengatakan pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke 17 kecamatan bekerjasama dengan pihak kecamatan, desa, juga takmir tentang penanganan hewan kurban.

"Beberapa hal yang juga dilakukan, seperti penerbitan SKKH (Surat Keterangan Kesehatan Hewan), sosialisasi seperti cara merobohkan sapi, juga seperti larangan tidak boleh merokok di area penyembelihan hewan kurban," kata Husein, pada Rabu (8/8/2018).

Berdasarkan data dari DP3, tahun lalu ada peningkatan temuan cacing hati pada sapi. Dari 450 ekor sapi yang ditemukan cacing hati pada 2016 menjadi 606 ekor sapi pada 2017. Sementara jumlah sapi yang dipotong pada 2016 sebanyak 7.092, menurun menjadi 6.916 ekor pada 2017.

Beberapa hal yang diantisipasi oleh DP3 terkait hewan kurban diantaranya masih kurangnya pengetahuan dan kepedulian masyarakat terhadap penanganan hewan kurban seperti menangani hewan kurban sambil merokok, belum menggunakan masker, juga alas kali dan sandal masuk area penanganan daging.

Kepala DP3 Sleman Heru Saptono mengatakan di Sleman ada 14 puskeswan yang juga akan dilibatkan. Sementara jumlah total petugas yang akan memantau hewan kurban saat iduladha sebanyak 293 petugas.

"Kalau kebutuhan hewan kurban di Sleman itu belum semua dipenuhi oleh kelompok ternak di Sleman, untuk titik potong saja, dari 1.200 dusun yang ada di Sleman, total titik potongnya bisa sampai 2.000 lebih," katanya pada Selasa (7/8/2018). Sementara tahun lalu, titik potong hewan kurban mengalami peningkatan, dari 2.206 titik potong, menjadi 2.240 titik potong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Duka: Pendiri Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

News
| Rabu, 24 April 2024, 08:14 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement