Advertisement

Lomba Dayung Akan Digelar, Dispar Bersih-Bersih Laguna Depok

Ujang Hasanudin
Jum'at, 31 Agustus 2018 - 08:10 WIB
Laila Rochmatin
Lomba Dayung Akan Digelar, Dispar Bersih-Bersih Laguna Depok Petugas kebersihan dari Dinas Pariwista Bantul dan warga bersih-bersih di Laguna Depok, Kamis (30/8/2018). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL -- Dinas Pariwisata Bantul bersama warga membersihkan sampah di area Laguna Depok, Parangtritis, Kretek, Bantul, Kamis (30/8/2018). Kerja bakti bersih-bersih ini sebagai persiapan Festival Dayung Bupati Cup 2018 yang akan diselenggarakan di area tersebut, Minggu (2/9/2018) mendatang.

Ada 50 petugas kebersihan Dinas Pariwisata Bantul yang dikerahkan dan 25 warga setempat yang sebagian besar pengurus kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Laguna Depok. Mereka membersihkan sampah-sampah yang ada di pinggir muara Sungai Opak, sebagian lainnya merapikan rumput dan membetulkan gazebo.

Advertisement

Koordinator Unit Pelaksana Kegiatan Parangtritis, Dinas Pariwisata Bantul Suranto mengatakan bersih-bersih bersama ini sebenarnya bukan hanya karena ada kegiatan lomba dayung, tetapi sudah rutin dilaksanakan di sejumlah objek wisata. Petugas yang terlibat adalah gabungan petugas kebersihan dari objek wisata yang menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD), seperti Parangtritis, Depok, Samas, Pandansimo, Gua Cemara, Gua Cerme, dan Gua Selarong.

"Jadi Dispar ada program gropyok sampah di objek wisata. Nanti objek wisata mana saja yang perlu dibersihkan bersama akan dikerjakan bersama. Seperti di Laguna Depok ini kebetulan akan ada event lomba dayung," kata Suranto di sela-sela kerja bakti.

Sebelumnya gropyok sampah juga digelar di Pengklik, Gua Cerme, dan Gua Selarong. Waktu pelaksanaannya antara Rabu dan Kamis, supaya tidak mengganggu wisatawan. Menurut Suranto, dengan adanya kegiatan gropyok sampah pengelola di masing-masing objek wisata juga terbantu.

Festival Dayung Bupati Cup 2018 yang digelar besok lusa akan diikuti 80 peserta dari kabupaten dan kota se-DIY. Festival Dayung Bupati Cup 2018 bekerja sama dengan Pengurus Cabang Olahraga Dayung Seluruh Indonesia DIY ini akan mempertandingan perorangan dan kelompok.

Ada kategori lokal Bantul yang mempertandingan altet dayung se-Bantul, ada katagori mempertandingan masing-masing perwakilan kabupaten dan kota. Lomba ini diselenggarakan dari pagi hingga malam hari. Selain lomba dayung, ada beberapa kegiatan lainnya seperti kontes foto Instagram, permainan, dan hiburan.

Ketua Pokdarwis Laguna Depok Suharyanto mengatakan warga sudah mempersiapkan menu makanan yang akan menghiasi Pasar Sore Laguna. Pasar yang biasanya buka sore hari selama lomba dayung akan buka dari pagi hingga malam dengan menu andalan bubur cemplung, pecel gender, dan wedang senja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement