Advertisement

KPU Gunungkidul Kebut Perekaman data E-KTP

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 12 September 2018 - 18:20 WIB
Arief Junianto
KPU Gunungkidul Kebut Perekaman data E-KTP Ilustrasi Pemilu - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul mulai menindaklanjuti pemilih yang belum melakukan perekaman e-KTP guna Pemilu 2019 mendatang.

Komisioner Bidang Teknis KPU Gunungkidul, Ahmad Ruslan Hani mengatakan saat ini bersama pelaksana teknis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Gunungkidul terus melakukan perekaman. "Sudah jalan terus untuk perekaman e-KTP terutama untuk pemilih pemula. Sebelum pemungutan dikejar sudah selesai," kata Hani, Rabu (12/9/2018).

Advertisement

Banyaknya data e-KTP yang belum direkam, ternyata tidak hanya di kalangan siswa, namun juga para lansia dan disabilitas. "Kendalanya kan yang lansia itu, kadang mereka gak mau sudahan," ujarnya.

Sebelumnya Komisioner Bidang Pengawasan, Humas, dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Gunungkidul, Rosita mengatakan banyaknya masyarakat yang dicoret karena kendala belum rekam e-KTP ini harus segera ditindaklanjuti.

"Terkait dengan DPT, KPU menetapkan 597.432 sementara data kemarin yang DPSHB (Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan) itu 605.271. Dari hasil itu ada 6.101 warga Gunungkidul yang belum rekam E-KTP ada substansi masing-masing. Ada yang manula, difabel, kemudian paling banyak belum 17 tahun saat penetapan DPT kemarin [namun saat Pemilu mendatang 17 tahun]," ujar Rosita.

Dia mengharapkan agar para pemilih yang belum memiliki e-KTP tersebut dapat difasilitasi oleh KPU Gunungkidul maupun Disdukcapil Gunungkidul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement