Advertisement

Siap-Siap, Ada Karnaval Wayang, Banyak Jalan Ditutup Minggu Malam di Jogja

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 06 Oktober 2018 - 09:50 WIB
Bhekti Suryani
Siap-Siap, Ada Karnaval Wayang, Banyak Jalan Ditutup Minggu Malam di Jogja Kirab sebelum prosesi Jamasan Pusaka Tombak Kyai Wijoyo Mukti sebagai bagian dari perayaan HUT Pemkot Jogja ke 262, Kamis (4/10/2018). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Sejumlah jalan di Jogja dilakukan rekayasa lalu lintas pada Minggu (7/10/2018) malam. Rekayasa dilakukan terkait gelaran Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) 2018.

Koordinator WJNC Yetti Martanti mengatakan gelaran tersebut merupakan bagian dari HUT Kota Jogja. Ajang tersebut juga diklaim akan mendunia karena dijadikan salah satu kalender wisata nasional. Disaat bersamaan, ada 250 pengurus Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) yang akan hadir untuk mengikuti konferensi.

Advertisement

"Media dan agen baik dalam maupun luar negeri secara khusus juga diundang untuk melihat potensi wisata budaya yang ada di Jogja," katanya dalam jumpa pers di Balaikota, Jumat (5/10/2018).

Dia menjelaskan, agar bisa masuk kalender wisata nasional oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif maka WJNC harus digelar lima kali berturut-turut dalam waktu, tema dan lokasi yang sama. "Tahun ini kami gelar yang ketiga kalinya sejak 2016 lalu. Kalau sudah masuk kalender wisata nasional, maka akan dipromosikan lebih luas. Baik nasional maupun internasional," katanya.

Pada WJNC tahun ini terdapat 1.410 peserta yang terlibat perwakilan dari 14 kecamatan di Jogja. Masing-masing kecamatan menentukan tokoh wayang yang diusung. Mulai dari kostum, koreografi dan properti mereka akan tampil berbeda. Selain itu pada gelaran tahun ini dipilih tiga jenis musik sebagai pengiring selama karnaval. "Kami pastikan MJNC tahun ini lebih bagus dibanding dua tahun sebelumnya," katanya.

Pertunjukkan flashmoob oleh seluruh peserta juga digelar sebelum acara dibuka dan setiap pergantian musik. Tontonan tersebut akan semakin meriah sekaligus menjadi pembeda dengan karnaval-karnaval lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sheila on 7 Bikin Konser di Medan, Pertumbuhan Sektor Pariwisata di Sumut Ikut Subur

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement