Duh...Gara-Gara Susah Sinyal, Banyak UMKM di Kulonprogo Tak Bisa Promosi ke Internet

Ilustrasi internet - Bisnis.com
27 Oktober 2018 05:50 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO- Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kulonprogo dinilai belum optimal dalam memanfaatkan dunia maya sebagai media promosi produk. Keterbatasan SDM dan kendala akses Internet yang belum menyeluruh di Kulonprogo menjadi penyebabnya.

Kepala Seksi Industri Logam Kimia dan Aneka, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kulonprogo, Ade Wahyudiyanto mengatakan dari sekitar 16.000 an UMKM di Kulonprogo baru sebagian kecil yang telah mampu memanfaatkan dunia maya sebagai media promosi. Walhasil produk UMKM belum dikenal secara luas oleh masyarakat.

"Ini memang masih menjadi pekerjaan rumah bersama, kelemahan kami adalah pada SDM yang belum bisa menguasai hal ini," ujarnya kepada Harianjogja.com, Jumat (26/10/2018).

Minimnya kemampuan SDM tersebut diperparah dengan belum terjangkaunya akses Internet di seluruh wilayah Kulonprogo. Akibatnya para pengusaha harus berpikir dua kali untuk mencari solusi agar mampu mempromosikan produknya di dunia maya.

Sebagaiman diketahui area yang masih belum terjangkau sinyal internet merujuk data Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kulonprogo berada di Kulonprogo sisi utara. Pasalnya di wilayah tersebut terdapat area cekungan yang berada di antara perbukitan. Akibatnya jika wilayah tersebut belum terpasang menara telekomunikasi maka kemungkinan besar mengalami susah sinyal.

"Memang harus diakui daerah kami masih ada wilayah yang belum terjangkau akses internet, seperti di wilayah tengah dan utara [Kulonprogo] tapi kami yakin untuk menujang smart city, pemerintah sedang mengusahakan hal itu," ujarnya.

Dengan keterbatasan tersebut, Kepala Bidang Perindustrian, Disperindag Kulonprogo, Dewantoro berharap para pelaku UMKM tidak patah arah. Untuk saat ini dia mengimbau agar pelaku UMKM bisa memanfaatkan fasilitas yang ada.

"Kalau mau benar-benar maju harus berani berinovasi, manfaatkan dengan optimal teknologi seperti telepon pintar yang ada, agar kita bisa sama-sama berkembang," ujarnya.

Terkait dengan dorongan terhadap UMKM agar memanfaatkan dunia maya sebagai media promosi, Dewantoro mrngatakan Disperindag tengah melakukan sejumlah upaya, mulai dari sosialisasi pemanfaatan blog, sosial media, hingga menawarkan para pengusaha untuk mempromosikan usahanya di situs web Disperindag Kulonprogo.

"Bagi mereka yang berkeinginan membuka peluang masuk ke web kami bisa langsung kirimkan foto dan narasi produk UMKM, nanti akan kami tindak lanjuti," ujarnya.