Unik, Pembacaan Naskah Sumpah Pemuda di Tengah Car Free Day

Ilustrasi car free day. - Harian Jogja
28 Oktober 2018 22:20 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Ada yang unik dalam gelaran Car Free Day (CFD) Jogja Kreatif di Jalan Sudirman, Kota Jogja, Minggu (28/10). Pada CFD yang kali ini mengangkat tema Colouring of Jogja itu, sejumlah mahasiswa, khususnya dari luar DIY serentak membacakan naskah Sumpah Pemuda.

Salah satu panitia CFD Jogja Kreatif Adi Satria Mahardika mengatakan .elalui tema tersebut, pihaknya berusaha menyajikan keberagaman kekayaan Jogja. Terlebih momentumnya bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda dan HUT ke-262 Kota Jogja.

"Ada beberapa atraksi seperti marching band, polisi cilik, di tengah itu ada makanan yang kami bagikan secara cuma-cuma," kata dia di sela-sela kegiatan, Minggu (28/10).

Di acara itu, kata dia, ditampilkan pula beragam produk industri kreatif hasil binaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Jogja. Dia mengatakan CFD Jogja Kreatif ini bertujuan untuk melestarikan berbagai hal yang ada di Kota Jogja.

"Apa saja kami tampung di sini, sejalan dengan tema yang kami angkat. Ada UKM, industri kreatif kami tampilkan. Kegiatan ini digelar sebulan sekali dengan tema yang diangkat selalu berbeda," ucap Satria.

Di acara itu pula, pihaknya menyediakan dua panggung untuk kesenian tradisional dan kontemporer. Bahkan sejumlah band indi asal Jogja yang ingin tampil untuk promosi pun ditampung dalam event tersebut. "Beragam seni budaya, permainan tradisional ada di sini, hingga komunitas satwa," katanya.