Advertisement

Dalam Tiga Tahun, Muncul 88 Destinasi Wisata Baru di Pegunungan Menoreh

Uli Febriarni
Minggu, 04 November 2018 - 09:17 WIB
Nina Atmasari
Dalam Tiga Tahun, Muncul 88 Destinasi Wisata Baru di Pegunungan Menoreh Suasana sepi damai hari di Puncak Ngepoh yang belum banyak dikunjungi wisatawan, Jumat (4/5/2018). - Harian Jogja/Beny Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Kepala Bidang Pemberdayaan Pariwisata Dispar Kulonprogo, Sujarwo menuturkan, paling banyak objek wisata baru dijumpai di kawasan perbukitan Menoreh.

Tercatat, terjadi pertambahan 75% persen destinasi baru di Kecamatan Kokap, Girimulyo dan Samigaluh. Sujarwo menambahkan, 88 destinasi wisata tersebut, dikembangkan masyarakat secara mandiri. Masyarakat sudah cerdas dalam memetakan potensi lokal, yang bisa dikelola dan dikembangkan.

Advertisement

"Dinas Pariwisata akan membuat program live in desa, untuk mendukung objek wisata yang berbasis masyarakat. Untuk mewujudkan hal itu, Dispar memberikan sertifikasi pemandu wisata kepada 40 orang yang terdiri dari 25 orang bagi pelaku desa wisata, dan 15 orang pemandu umum," ungkapnya.

Sujarwo mengungkapkan, pemandu umum ini akan melakukan berbagai kegiatan di luar, dalam rangka mempromosikan wisata yang dikembangkan masyarakat. Sedangkan pemandu desa wisata yang mengelola manajemen pelayan hingga promosi internal.

Langkah lain yang diambil Pemkab adalah menggandeng ASITA melakukan identifikasi objek wisata yang ada di Kulonprogo. Data hasil identifikasi itu, akan menjadi pedoman dalam membuat paket wisata yang akan dijual ke wisatawan, supaya mereka bisa mengambil paket live in.

Pemkab Kulonprogo juga menganggarkan dana untuk perbaikan sarana dan prasarana, berupa toilet duduk. Untuk mengakomodasi kebutuhan wisatawan asing yang tidak bisa menggunakan toilet jongkok.

"Menyambut NYIA dan KSPN Borobudur, tidak hanya eksekutif saja yang siap, tapi masyarakat juga sudah siap. Mudah-mudahan, Badan Otorita Borobudur dalam mengemas wisatawan menuju Borobudur, bisa melewati Bedah Menoreh yang banyak pilihan potensi wisata," ujarnya.

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo menyatakan, saat ini Pemkab sedang menyiapkan program Bedah Menoreh, mulai dari membedah infrastruktur jalan, sektor pariwisata, perkebunan, moda transporasi, budaya. Pemkab berharap, dengan adanya NYIA dan KSPN, Kulonprogo tidak sekadar menjadi tempat transit.

"Tapi juga menjadi destinasi yang layak untuk wisatawan," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19

News
| Sabtu, 20 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement