Siap-Siap, 4 Hari ke Depan, Curah Hujan di DIY Meningkat

Ilustrasi hujan lebat. - Reuters
28 November 2018 00:17 WIB Fahmi Ahmad Burhan Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Kepala Stasiun Klimatologi Mlati Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta Agus Sudaryatno mengatakan, curah hujan di wilayah DIY akan meningkat dalam empat hari ke depan dari Selasa (27/11/2018) sampai Jumat (30/11/2018).

"Adanya sirkulasi angin tertutup di Laut Jawa yang cukup persisten hingga tiga hari ke depan dapat mengakibatkan terbentuknya daerah pertemuan angin di sepanjang Jawa. Selain itu aliran massa udara basah yang masuk dari Samudera Hindia ke wilayah Jawa berkontribusi mendukung pertumbuhan awan hujan," jelasnya pada Selasa (27/11/2018).

Kondisi tersebut membuat pertumbuhan awan konvektif yang berpotensi menyebabkan hujan intensitas sedang sampai lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah DIY. BMKG mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap kemungkinan hujan disertai angin yang bisa menyebabkan pohon tumbang.

Menurut Agus, di November ini, awal musim hujan mundur satu dasarian. Mundurnya musim hujan tersebut karena adanya el-nino yang juga membuat suhu di wilayah DIY menjadi panas dan curah hujan berkurang.

"Meski hujan mulai lebat, namun el-nino masih tetap terjadi. El-nino itu diperkirakan akan sampai akhir November ini," ujar Agus.