Penataan Pantai Gunungkidul Masih Hadapi Sejumlah Tantangan

Pantai Watu Kodok. - Harian Jogja
28 November 2018 17:37 WIB Herlambang Jati Kusumo Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sejumlah kendala dihadapi dalam penataan kawasan Pantai Selatan Gunungkidul. Selain keterbatasan anggaran yang dimiliki Pemerintah Kabupaten (Pemkab), penggal pantai yang sempit menjadi permasalahan tersendiri.

Sekretaris Daerah (Sekda) Gunungkidul, Drajat Ruswandono mengatakan sangat sulit melakukan penataan yang berpedoman jarak minimal 100 meter dari bibir pantai. Sebab banyak pantai hanya memiliki penggalan sempit.

“Tapi saya yakin seyakin-yakinnya, kita mulai dari Pantai Baron dulu masterplan tahun kemarin, tahun ini DED [Detailed Engineering Design] dan sosialisasi, tahun 2019 fisiknya jadi,” kata Drajat, Rabu (28/11/2018).

Drajat mengatakan, untuk melakukan penataan di kawasan Pantai Baron menghabiskan dana sekitar Rp59 Miliar. Dengan dana sebesar itu, Pantai Baron akan berubah 100 persen dari kondisi yang ada saat ini, mulai dari IPAL, sanitasi, parkir, pintu masuk keluar, kuliner, souvenir, hingga akses disabiltas dan lain sebaginya akan tersedia.

Drajad mengungkapkan setelah Pantai Baron selesai ditata, kawasan pantai lainnya akan mudah dilakukan. Pihaknya mengaku akan melakukan penertiban di sejumlah kawasan pantai, namun terlebih dahulu akan mematangkan konsepnya.