Musim Liburan, Jalan Adisucipto Jogja Macet

Pengendara Sepeda Motor saat terjebak macet di Pertigaan Maguwo, Sabtu (22/12/2018). - Harian Jogja/Yogi Anugrah
22 Desember 2018 19:17 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Sebagai salah satu daerah tujuan wisata, memasuki musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), jalanan di DIY mulai dipadati kendaraan dari luar wilayah DIY. Salah satu ruas jalan yang mulai padat adalah Jln Adisucipto, Sleman, tepatnya di Simpang Bandara, Pertigaan Maguwo, dan Simpang Janti.

Menurut Deka Pradani, 25, salah seorang tukang ojek di sekitar Bandara Adisucipto, simpang Bandara sudah mulai macet sejak Jumat (21/12/2018) lalu.

"Kemarin sudah mulai macet sejak siang hingga sore, kalau hari ini [Sabtu] sudah mulai ramai sekitar pukul 10.00 WIB, tapi macetnya tidak parah, kendaraan masih bisa jalan," katanya kepada Harianjogja.com, Sabtu (22/12/2018).

Ia mengatakan, jalanan sekitar Bandara Adisucipto hingga pertigaan Maguwo memang langganan macet, apalagi saat akhir pekan, musim liburan, dan saat hujan.

"Kalau saya perhatikan dari kemarin, kebanyakan bus-bus dan mobil pribadi dengan plat kendaraan luar DIY, ada juga kendaraan roda dua yang membawa tas besar-besar seperti hendak liburan," ujarnya.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Sleman Sulton Fatoni mengatakan simpang Bandara Adisucipto merupakan salah satu titik rawan macet di Sleman.

"Kalau di Sleman, ada titik rawan macet lainnya, seperti Simpang Denggung, dan sekitaran Pasar Gamping. Ada permintaan untuk menambah waktu lampu hijaunya, namun itu juga akan memperlama lampu merah dari sisi lainnnya," ungkapnya.

Untuk itu, katanya, pihaknya sudah menyiapkan beberapa jalur alternatif, untuk menghindari macet di Simpang Denggung, bisa melewati Pasar Sleman ke kiri hingga ke Cebongan. Untuk menghindari macet simpang Bandara, bisa ke kiri melewati Piyungan.

"Kami juga pasang rambu petunjuk jalan alternatif untuk memudahkan pengendara," ujarnya.

Sementara itu, Dirlantas Polda DIY Kombes Pol Tri Julianto Djatiuotomo mengatakan pihaknya sudah memiliki tim untuk mengurangi kemacetan di jalanan pada libur Nataru ini.

"Kami sudah punya tim pengurai kemacetan dari jajaran Polres ataupun Polresta," ujarnya.