Buruan Daftar, KPU Gunungkidul Buka Pendaftaran 55 Sukarelawan Demokrasi

Ilustrasi Pemilu 2019 - JIBI
12 Januari 2019 15:50 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– KPU Gunungkidul membuka pendaftaran sukarelawan demokrasi mulai Kamis (10/1/2019) hingga Selasa (15/1/2019) mendatang. Rencananya para sukarelawan ini akan dioptimalkan untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Pemilu 2019.

Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani mengatakan, rekrutmen relawan demokrasi terbuka untuk umum. Adapun sukarelawan yang dibutuhkan berjumlah 55 orang. “Sudah kita buka dan rencananya ditetapkan pada Kamis [17/1/2019] mendatang,” kata Hani kepada wartawan, Jumat (11/1/2019).

Dia menjelaskan, untuk anggota sukarelawan dikelompokan dalam sepuluh kategori dengan basis pemilih strategis. Kelompok sukarelawan yang dibutuhkan ini di antaranya dari basis keagamaan, pemilih pemula, disabilitas, pemuda, keluarga, perempuan, kelompok marjinal, komunitas hingga pegiat sosial media. “Untuk proses pendaftaran dilayani di kantor KPU Gunungkidul,” ungkapnya.

Hani menjelaskan, pembentukan sukarelawan demokrasi bertujuan untuk membantu KPU dalam menyosialisasikan pelaksanaan Pemilu 2019.

Diharapkan kehadiran para sukarelawan mampu menggerakan masyarakat, khususnya anggota dari basis pemilih masing-masing agar menggunakan hak suaranya pada saat pencoblosan nanti.

“Selain sosialisasi dari KPU, peran dari relawan sangat peting. Apalagi para anggota dipilih berdasarkan segmen kelompok pemilih yang ada,” imbuhnya.

Dia menambahkan, untuk partisipasi pemilih, KPU sudah mencanangkan target sebesar 80%. Target ini lebih tinggi dari target nasional yang hanya mencanangkan 77,5% pemilih menggunakan hak suaranya dalam pemilu. “Kita akan terus beruapaya melakukan sosialisasi. Salah satunya melalui sukarelawan demokrasi yang akan dibentuk,” kata Hani lagi.