Minim Lahan Pakir, Kendaraan Padati Jalanan di Gunung Bagus

Motor wisatawan di Gunung Bagus yang memakan tepi jalan raya, Senin (14/1/2019). -Harian Jogja - Rahmat Jiwandono.
15 Januari 2019 08:37 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNG KIDUL - Ketiadaan lahan parkir di objek wisata Gunung Bagus di Dusun Nasri, Kecamatan Paliyan, Wonosari, Gunungkidul membuat wisatawan harus memarkirkan kendaraanya di tepi jalan. Parkir di tepi jalan selain menganggu pengendara lain yang melewati jalan, juga membahayakan wisatawan karena jalan tersebut kerap dilalui bis pariwisata yang menuju ke Pantai Baron.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Gunung Kidul, Hary Sukmono mengatakan Gunung Bagus ramai dikunjungi karena viral di sosial media. "Tiba-tiba banyak wisatawan tentu hal itu belum kami perkirakan sebelumnya," kata Hary kepada Harian Jogja, Senin (14/1/2019)

Dispar telah memberikan agar masyarakat sekitar yang punya lahan kosong dan jaraknya tidak terlalu jauh dari objek wisata dapat digunakan untuk parkir kendaraan sementara. Hal itu juga akan memberi manfaat kepada masyarakat sekitarnya.

"Efeknya orang lain bisa jualan makanan atau minuman di sekitar objek wisata," ucap dia.

Seorang pengunjung asal Wonogiri, Dea mengatakan dirinya harus memarkirkan motornya di tepi jalan yang agak menurun. "Kanan kiri penuh pohon jagung jadi terpaksa parkir di sana," ujarnya.

Ia berharap jika pengelola tempat wisata bisa menyediakan tempat parkir. Terlebih lagi jika ada wisatawan yang datang menggunakan mobil, maka tidak mungkin mobil di parkir di pinggir jalan.