Advertisement

DIY Tingkatkan Kerja Sama dengan Korea Selatan

Abdul Hamied Razak
Kamis, 24 Januari 2019 - 21:57 WIB
Sunartono
DIY Tingkatkan Kerja Sama dengan Korea Selatan Sultan HB X memberikan keterangan kepada wartawan setelah apel operasi lilin Progo 2018 di Mapolda DIY, Jumat (21/12/2018). - Harian Jogja/Yogi Anugrah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Gubernur DIY, Sri Sultan HB X menerima kunjungan Duta Besar Korea Selatan (Korsel) untuk Indonesia, Kim Chang Beom, Rabu (23/1/2019) di Komplek Kepatihan. Selain mengawali kunjungan awal 2019 ini, pertemuan tersebut juga membahas kerja sama antara Korea Selatan dengan DIY.

Menurut Beom salah satu bentuk kerja sama yang sudah dilakukan antara Korsel dengan DIY terkait dengan perjanjian provinsi kembar. Ada dua provinsi di Korsel yang sudah menjalin kerjasama dengan DIY. "Kerjasama dengan provinsi Gyeongsangbuk-do [Korsel] dilakukan pada 2005 lalu, dan kerjasama dengan provinsi Gangwon dilaksanakan sejak 2010 lalu," katanya usai bertemu dengan Sultan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dari perjanjian kerjasama tersebut, selain sektor pariwisata Korsel juga akan meningkatkan kerjasama di sektor lainnya. Korsel juga akan meningkatkan kerjasama di bidang-bidang lainnya sesuai kebutuhan seperti pendidikan dan produk usaha. Di bidang pendidikan, kata Boem, pihaknya menggelar diskusi terkait kerja sama dengan Universitas Gadjah Mada.

"Kami telah menjalin kerja sama, di mana mereka mempunyai program studi Bahasa Korea dan kami juga berkolaborasi dalam gerakan Saemaul Undong, yaitu gerakan pemberdayaan masyarakat dengan Pusat Studi Korea UGM di Gunungkidul," ucapnya.

Dubes Korsel juga mengucapkan terima kasih kepada Sri Sultan yang memberikan kenyamanan bagi sekitar 500 warga negara Korsel yang tinggal di Jogja dan sekitarnya. Pihaknya juga akan berupaya terus meningkat jumlah kunjungan wisatawan dari Korsel untuk mendatangi DIY.

Terkait hal itu, Sultan mengatakan jika hubungan kerjasama dengan Korsel selama ini berjalan baik. Sultan juga mengklaim ada manfaatnya yang didapat dari adanya kerjasama tersebut. "Setidaknya bisa merasakan bagaimana kebersamaan ini bisa dijalin. Kami juga berterimakasih dengan program ini. Bagaimana dengan kebersamaan ini bisa terus dijaga," katanya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Pekan Ini Jembatan Kretek 2 Diresmikan

Pekan Ini Jembatan Kretek 2 Diresmikan

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rusia Tolak Pembatasan Harga Minyak US$60 per Barel

News
| Minggu, 04 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement