Advertisement

Tak Capai 100%, Kinerja OPD Kulonprogo Belum Maksimal

Jalu Rahman Dewantara
Selasa, 29 Januari 2019 - 22:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Tak Capai 100%, Kinerja OPD Kulonprogo Belum Maksimal Ilustrasi PNS. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo belum menunjukkan angka sempurna karena berdasarkan hasil evaluasi, seluruh OPD tidak ada yang meraih 100%.

Wakil Bupati Kulonprogo Sutedjo mengatakan secara umum kinerja OPD sudah bagus namun demikian belum mampu meraih 100%. Karena itu, dia meminta agar tahun ini kinerja dan pelayanan kepada masyarakat dapat ditingkatkan.

Advertisement

“Evaluasi ini merupakan salah satu cara melaksanakan pengendalian yang dilakukan secara periodik oleh pemerintah agar selalu terpantau dan terjaga kualitas layanan,” ucapnya seusai mengevaluasi OPD di Ruang Rapat Sermo kompleks Kantor Pemkab Kulonprogo, Senin (28/1/2019).

Evaluasi tidak harus dilakukan pada akhir kinerja tetapi dilakukan secara periodik, artinya bisa dilakukan pada lini-lini tertentu yang harus diperbaiki. Evaluasi ini untuk mengetahui capaian yang dilakukan OPD mulai dari kinerja fisik, pelaporan keuangan sampai pengelolaan web dan evaluasi kebijakan masterplan smart city.

Dalam evaluasi disampaikan hasil kinerja terbaik dan pemberian piagam untuk kinerja OPD terbaik. Hasilnya, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) keluar sebagai OPD terbaik dalam pengelolaan single website dengan meraih skor 95%.

Urutan kedua ditempati Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) sebesar 83%, disusul Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan 80%. Sementara untuk OPD kecamatan terbaik pertama diraih Girimulyo 47%, Nanggulan 44% dan Lendah 41%.

Untuk kinerja terendah OPD di antaranya Sekretariat DPRD 19%, RS Nyai Ageng Serang 32% dan Dinas Lingkungan Hidup 32%. Untuk OPD kecamatan terendah pada Temon 14%, Sentolo 19% dan Wates 26%.

Kepala Diskominfo Kulonprogo Rudiyanto mengatakan keberhasilan jawatannya menjadi yang terbaik ini tak lepas dari upaya untuk menunjang implementasi kebijakan masterplan smart city, di antaranya peningkatan infrastuktrur, penyelesaian FO antar OPD, peningkatan kapasitas OPD salah satunya jaringan, web, pemograman serta kerja sama dengan Selandia Baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
TMMD Tahap II 2024 Digelar di Mergangsan

TMMD Tahap II 2024 Digelar di Mergangsan

Jogjapolitan | 10 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hendak ke Australia, 6 Warga China Terdampar di NTT, Begini Kondisinya

News
| Jum'at, 10 Mei 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Unik, Glamping Kapal Selam Ini Ternyata Bekas Sekoci Kapal Tanker

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement