Advertisement

Masuki Masa Low Season, Event Ini Jadi Tumpuan Harapan Wisata Jogja

Uli Febriarni
Jum'at, 01 Februari 2019 - 14:20 WIB
Arief Junianto
Masuki Masa Low Season, Event Ini Jadi Tumpuan Harapan Wisata Jogja Kawsan Titik Nol Kilometer dipenuhi wisatawan beberapa waktu lalu - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Event Jogja Heboh diharapkan mampu menarik kedatangan wisatawan ke Jogja, terutama di masa low season seperti saat ini.

Kepala Bidang Pengembangan dan Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Jogja, Golkari Made Yulianto mengatakan dalam Jogja Heboh ada beberapa rangkaian agenda yang bisa menarik minat pengunjung. "Mulai dari atraksi wisata, seni hingga banyak tersedia diskon," kata dia, Jumat (1/2/2019).

Dia menambahkan, sejumlah kampung wisata di Kota Jogja yang turut berpartisipasi dalam Jogja Heboh antara lain Sosromenduran, Kecamatan Gedongtengen; Tahunan, Kecamatan Umbulharjo; dan Dipowinatan, Kecamatan Mergangsan. “Diharapkan di momen low season seperti sekarang, Jogja Heboh bisa tetap menarik kunjungan wisatawan ke Jogja,” ucap dia.

Lurah Tahunan, Sugiharti menjelaskan sebagai salah satu kampung yang turut andil dalam Jogja Heboh, Kampung Tahunan diakui dia bakal secara total menunjukkan segala potensi yang ada kepada wisatawan. “Di antaranya yang kami siapkan adalah 1.000 angkringan dan acara Jumputan On The Street,” ucap dia.

Ketua DPD Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) DIY Udhi Sudiyanto mengungkapkan dari tahun ke tahun kunjungan wisatawan ke Jogja pada Januari dan Februari memang selalu menunjukkan angka yang rendah, termasuk kunjungan dari wisatawan mancanegara.

Karena itulah Jogja Heboh yang menawarkan beragam event, kuliner, atraksi budaya, aktivitas pedestrian mampu menarik minat wisatawan. Selain itu, Jogja Heboh juga diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Wisatawan yang datang, kata dia, sudah barang tentu akan berbelanja di Jogja, baik itu belanja suvenir, kuliner dan beragam buah tangan lain. “Kami optimistis, ada peningkatan perputaran ekonomi dari sektor pariwisata,” ucap Udhi.

Sejauh ini, Jogja Heboh memang baru dikenal oleh wisatawan yang kerap bepergian. Sehingga dia berharap ke depan, gaung Jogja Heboh juga terdengar sampai wisatawan mancanegara.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Jogja, pada bulan yang sama di tahun berbeda, angka kunjungan pariwisata ke Jogja memang sedikit mengalami penurunan. Pada 2017, angka kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi di Jogja mencapai lebih dari 5,3 juta orang. Sedangkan pada 2016, angkanya mencapai 5,5 juta orang, sementara pada 2014 angka kunjungan wisata mencapai 5,6 juta orang.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Surya Paloh Ungkap Alasan NasDem Pilih Anies Baswedan Jadi Capres 2024

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement