MPW PP DIY Fasilitasi Pengembangan Bakat Otomotif

Penasehat FOPP DIY Faried Jayen Soepardjan. - Ist/PP DIY
12 Februari 2019 22:57 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) DIY memfasilitasi pengembangan minat dan bakat pemuda di bidang otomotif. Upaya itu dilakukan, salah satunya dengan membentuk Forum Otomotif Pemuda Pancasila (FOPP) DIY yang akan menampung berbagai pecinta otomotif terutama di lingkungan ormas tersebut.

Penasehat FOPP DIY Faried Jayen Soepardjan menjelaskan, forum itu dibentuk karena besarnya potensi pengembangan minat anak muda di bidang otomotif terutama di wilayah DIY, namun belum tersalurkan dengan baik. Oleh karena itu, pihaknya tidak akan membatasi, sehingga peminat roda dua maupun roda empat akan ditampung sesuai kemampuan masing-masing.

"Mereka bisa dari kalangan penghobi otomotif, atlet atau pebalap. Potensi besar di DIY ini dari tahun ke tahun bidang otomotifnya, banyak pebalap yang dilahirkan dari DIY," terangnya dalam keterangan persnya, Selasa (12/2/2019).

Jayen menegaskan, terbentuknya FOPP merupakan dorongan dari banyak pemuda yang menekuni bidang otomotif. Melalui wadah itu ke depan hobinya bisa terfasilitasi dengan baik. Mengingat, sudah terkenal banyak atlet balap dari wilayah DIY yang bertengger di skala nasional bahkan internasional. Seperti mantan crosser Satya Sunarso, kemudian ada Hendriansyah, Irwan Ardiansyah hingga Dono Tata Pradipta serta masih banyak lainnya.

"Mereka [pemuda peminat otomotif] ingin agar bisa terfasilitasi potensi-potensi bakat ini dengan baik. Kami siap saja jadi fasilitator, sementara memang masih di lingkungan PP [Pemuda Pancasila], mungkin nanti mereka perlahan bisa merangkul klub-klub lain. Intinya minat dan bakat mereka [pemuda] ini bisa diarahkan untuk kegiatan positif," katanya.

Pembina FOPP DIY Yuni Astuti mengatakan, sebagai awal kegiatan, FOPP akan menggelar Musda pada 14 Februari 2019 mendatang. Dalam Musda itu akan dihadiri sejumlah tokoh dan pebalap seperti Satya Sunarso dan Doni Tata Pradipta. Kegiatan itu akan berupaya merumuskan sejumlah kegiatan ke depan dalam membangun iklim otomotif yang baik di DIY.

Rencananya musda tersebut akan sekaligus melantik pengurus FOPP yang jumlahnya sekitar 30 orang. FOPP diharapkan bisa merangkul banyak komunitas dalam upaya mengembangan minat dan bakat otomotif kalangan pemuda.

"Tentu harapannya ke depan ada prestasi yang lebih baik lagi di bidang otomotif di DIY ini. Selain itu, perlu ke depan membuat semacam kegiatan otomotif yang lebih berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat," katanya.