Diberondong Tudingan Hoaks, Edukasi Kesehatan Hari Valentine di Sleman Dibatalkan

Poster acara edukasi kesehatan di Hari Valentine. - Harian Jogja/Ist
14 Februari 2019 18:03 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Penyelenggara Valentine Day 2019 (Pertemuan Komunitas Pria Se-DIY) membatalkan acara yang rencananya digelar di GSG Building, Villa Seturan Indah, Sleman, Kamis (14/2/2019), karena beragam tudingan hoaks.

Samuel Rahmat Subekti, Direktur Yayasan Victory Plus Yogyakarta, mewakili panitia penyelenggara mengatakan acara itu dibatalkan setelah panitia berkomunikasi dengan Polda DIY.

“Sebelumnya, tidak urus pemberitahuan atau izin ke polisi,” kata dia, Kamis.

Samuel mengatakan panitia membatalkan acara karena muncul kegaduhan di kalangan masyarakat.

“Tadi bertemu dengan teman-teman Polda, yang dapat informasi acara LGBT, acara Valentine, kristenisasi, padahal tujuan acara bukan itu. Pembatalan juga tidak ada tekanan dari siapa pun,” ucap dia.

Ia mengungkapkan inti dari acara tersebut adalah mengedukasi anggota Victory Plus soal kesehatan dan tes HIV. Dlam acara ini, Victory Plus juga berencana menyarankan orang dengan HIV/AIDS (ODHA) segera memulai pengobatan dan patuh menjalani pengobatan, serta tidak menularkannya pada orang lain.

“Ini acara edukasi kesehatan, internal untuk anggota Victory Plus, tidak untuk umum,” ucap dia.

Samuel menambahkan acara tersebut mengambil tema Metamorphosis yang bertujuan sebagai simbol perubahan perilaku.

“Gambar kupu-kupu di poster kan lambang metamorfosis, dari ulat ke kupu-kupu. Kalau warna pelangi memang kami sudah teliti, pelangi beda dengan pelangi LGBT, enam warna, pelangi ciptaan Tuhan tujuh warna. Bagi yang melihat mungkin kurang teliti, di gambar itu tidak LGBT, silakan dihitung warnanya,” kata dia.

Terpisah, Kapolres Sleman AKBP Rizky Ferdiansyah mengatakan jajarannya telah menelusuri informasi dalam poster acara yang viral di media sosial tersebut. Menurut dia, pemilik tempat tidak mengetahui ihwal acara yang digelar Victory Plus tersebut.