Advertisement

Dusun Gowok Disasar Program Kotaku, Apa Saja yang Dibangun?

Hafit Yudi Suprobo
Jum'at, 01 Maret 2019 - 06:20 WIB
Arief Junianto
Dusun Gowok Disasar Program Kotaku, Apa Saja yang Dibangun? Kepala Desa Caturtunggal, Agus Santoso (dua kiri), didampingi Camat Depok, Abu Bakar (empat kiri) meresmikan kegiatan program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) di RT 07 Dusun Gowok, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Sleman, Kamis (28/2). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Dusun Gowok, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok disasar program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Program yang melibatkan banyak pihak, mulai dari pemdes, Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM), kecamatan, hingga pemkab tersebut dilaksanakan di RT 07 Dusun Gowok.

Kepala Desa Caturtunggal, Agus Santoso mengatakan program Kotaku merupakan program KOTAKU di Dusun Gowok tersebut mengambil tema Kampung Gowok Menuju Wisata Anggur. Melalui program Kotaku, dia berharap penataan kawasan di Gowok bisa lebih maksimal, terutama terkait dengan penataan kawasan kumuh.

Advertisement

"Program kota tanpa kumuh, bukan berarti secara fisik kumuh, tetapi juga soal penataan lingkungan, sarana dan prasasarana, serta pembangunan kualitas sumber daya manusianya," kata Agus kepada Harian Jogja, Kamis (28/2/2019).

Tak hanya itu Agus juga menyarankan adanya ruang terbuka hijau (RTH) di Dusun Gowok. Sehingga selain menata kawasan menjadi tidak kumuh dan terlihat lebih indah, dengan adanya RTH dan kampung wisata anggur nantinya juga bisa meningkatkan nilai ekonomi di masyarakat.

Selain di RW 07 Dusun Gowok, kata dia, beberapa program KOTAKU yang dilaksanakan di Desa Caturtunggal, di antaranya adalah penataan kawasan bantaran Kali Gajah Wong, tepatnya di Dusun Mrican, serta penataan kawasan Kali Code di Kawasan Blimbingsari. “Saya harap semua yang sudah dibangun ini bisa dijaga dan dirawat dengan baik oleh masyarakat. Dengan begitu, fungsinya akan bisa lebih maksimal,” ucap dia.

Kepala Dusun Gowok, Pudjo Wiratno berharap Gowok bakal menjadi padukuhan yang lebih baik lagi setelah adanya program Kotaku ini. Dia mengaku melalui program Kotaku, Dusun Gowok menerima bantuan dana sebesar Rp500 juta. “Ini uang yang tidak sedikit, maka dari itu semoga bermanfaat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies-Muhaimin Hadir di Penetapan KPU, Pakar UGM: Ada Peluang Ikut Koalisi Prabowo

News
| Kamis, 25 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement