Advertisement

Sumber Data Jadi Kendala Penulisan Buku Sejarah Desa

David Kurniawan
Selasa, 05 Maret 2019 - 21:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Sumber Data Jadi Kendala Penulisan Buku Sejarah Desa Ilustrasi Buku - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Dinas Kebudayaan (Disbud) menargetkan penulisan sejarah desa di Gunungkidul selesai di 2021. Penulisan ini tidak hanya menyangkut masalah sejarah perkembangan desa, tetapi juga untuk mengenalkan bahasa karena di dalam penulisan menggunakan bahasa Jawa. Namun demikian, proses penulisan ini tidak mudah karena selain pemahaman terhadap bahasa yang mulai berkurang, juga disebabkan minimnya data sebagai bahan untuk membuat naskah.

Kepala Bidang Sejarah Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Sigit Pramudyanto, mengatakan di dalam penulisan sejarah desa banyak sekali tantangan. Selain masalah keterbatasan sumber daya manusia (SDM) faktor lain mulai dari pemahaman bahasa Jawa hingga sumber data penulisan juga menghambat penulisan. “Sebelum penulisan kami melakukan bimbingan teknis selama tiga hari di masing-masing desa,” kata Sigit kepada wartawan, Selasa (5/3/2019).

Advertisement

Dia menjelaskan penulisan sejarah desa harus dilakukan dengan seksama, salah satunya harus mengacu pada data dan fakta di lapangan. Sigit tidak menampik minimnya data menjadi kendala sehingga penulisan banyak mengacu pada sumber sejarah lisan. Sementara itu, sumber sejarah tertulis khususnya arsip dan dokumen tertulis lainnya sangat jarang ditemukan. “Kalau setelah kemerdekaan arsipnya sudah banyak, tapi kalau sebelumnya kebanyakan sumbernya secara lisan,” katanya.

Sigit menuturkan, sumber lisan inilah yang dijadikan pedoman untuk menulis sejarah desa di Gunungkidul. Menurut dia idealnya di dalam penulisan harus memiliki sumber yang lengkap, baik lisan maupun tertulis. “Selain masalah kebiasaan yang mengacu pada omongan, sebenarnya untuk dokumen arsip ada, tapi sudah tersebar bahkan ada yang berada di luar negeri. Jadi, mau tidak mau sumber lisan jadi data utama untuk penulisan,” katanya.

Penulisan sejarah desa, menurut Sigit, sudah dimulai sejak 2018 dan ditargetkan selesai di 2021. Untuk tahun ini penulisan menyasar 45 desa di Gunungkidul. “Tahun lalu sudah ada 31 desa, untuk tahun ini rencananya ada 45 desa yang menulis,” katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Agus Kamtono, mengatakan penulisan sejarah desa sangat penting untuk mengetahui proses perkembangan di masing-masing desa. Oleh karena itu sejak tahun lalu Pemkab memfasilitasi upaya penulisan. “Dengan adanya buku sejarah desa maka masyarakat bisa tahu bagaimana asal usul hingga perkembangan desanya,” katanya.

Penulisan ini, menurut Agus, tidak hanya bermanfaat bagi pembangunan desa tetapi juga sebagai bahan untuk belajar bahasa Jawa. “Oleh karena itu penulisan dilakukan dengan bahasa Jawa, jadi sekaligus sebaga upaya pelestarian bahasa,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BMKG: Sebagian Besar Wilayah Indonesia Dilanda Hujan Hari Ini

News
| Rabu, 24 April 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement