Advertisement

Peserta Barahmus Diduga Keracunan Gadung

Uli Febriarni
Rabu, 06 Maret 2019 - 21:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Peserta Barahmus Diduga Keracunan Gadung Ilustrasi keracunan - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sebanyak 10 orang peserta Rapat Kerja Barahmus DIY diduga keracunan makanan, akibat menyantap snack yang disediakan hotel tempat rapat kerja berlangsung, Rabu (6/3/2019).

Kapolsek Jetis, Kompol Hariyanto menjelaskan, kejadian bermula ketika peserta rapat mengikuti acara briefing pagi. Setelah itu peserta kemudian menyantap snack yang disediakan pihak hotel yang berada di kawasan Jln.Diponegoro itu.

Advertisement

"Peserta minum kopi terus makan gadung. Lalu peserta ada yang pusing, mual dan muntah-muntah. Empat orang dibawa ke RS Panti Rapih," ujarnya, dikonfirmasi lewat sambungan telepon, Rabu sore.

Dari 10 orang yang diduga keracunan, enam di antaranya kondisinya sudah pulih. Menurut Hariyanto, diduga peserta tersebut keracunan gadung. Ia memperkirakan gadung memberikan reaksi berbeda kepada fisik tiap peserta. Karena ketika ia sendiri mencicipi gadung yang disajikan kepada peserta tadi, ia tidak merasakan reaksi berarti setelahnya.

Ketua Barahmus DIY, Ki Bambang Widodo membenarkan, keracunan terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Ia tidak mengetahui persis kronologi kejadian, karena saat bersamaan ia sedang memimpin rapat yang diikuti sekitar 40 orang itu.

Yang ia tahu, ada sejumlah peserta yang keluar ruangan karena muntah, ada yang kemudian istirahat. Serta langsung ditangani medis.

Untuk peserta yang sempat mendapat penanganan medis di RS, mereka sudah diperbolehkan pulang. Kondisi peserta lainnya berangsur membaik. "Kemungkinan karena keracunan gadung," kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kubu Anies & Ganjar Minta MK Panggil Sejumlah Menteri, Kubu Prabowo Ajukan Megawati

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement