Advertisement

GP Ansor Sebut Prabowo-HTI Jalin Hubungan di Pilpres

Abdul Hamied Razak
Rabu, 06 Maret 2019 - 20:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
GP Ansor Sebut Prabowo-HTI Jalin Hubungan di Pilpres Ketua GP Ansor Yaqut Cholil. - Okezone

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas mensinyalir Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dan sejumlah ormas radikal saat ini berada di belakang kubu Prabowo Subianto–Sandiaga Uno. Penilaian yang sama juga disampaikan Ketua Umum PPP Romahurmuziy.

“Cara pandang saya dengan Rommy dalam konteks ini tidak berbeda. Kita melihat memang kelompok-kelompok yang selama ini berpikiran keras menyatu di sana [kubu Prabowo]. Yaitu eks HTI ataupun kelompok yang selama ini menyebarkan paham Islam yang radikal," katanya melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Rabu (6/3/2019).

Advertisement

Menurut Yaqut, eks HTI memilih Prabowo karena merasa peluang untuk menyebarkan keyakinan mereka kembali terbuka jika Prabowo terpilih. Kondisi berbeda jika Jokowi terpilih. Bagi kelompok ini, jika Jokowi terpilih maka upaya mereka untuk mengusung ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dan NKRI bisa tertutup rapat.

"Kenapa mereka ada di sana [Paslon 02], karena melihat peluang paling mudah jika menang untuk bisa kembali mendakwahkan paham yang mereka yakini. Tapi kalau di Jokowi yang terpilih hal itu tertutup, sulit. Kalau di Prabowo itu relatif lebih longgar," tambah Yaqut.

Yaqut menilai hubungan Prabowo-HTI atau ormas radikal lainnya adalah hubungan yang saling menguntungkan untuk saat ini. Walaupun secara ideologis mereka sangat berbeda. Ini lebih pada kepentingan taktis saja di Pemilu.

Yakut menambahkan pasca Pemilu belum tentu kedua pihak ini akan tetap bersatu, karena secara ideologi memang berbeda. Ini lebih hubungan untuk Pilpres saja dimana mereka sama-sama ingin melawan Jokowi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement