Sopir Jip Wisata di Pantai Timang Belajar Bahasa Inggris

Pantai Timang - JIBI
14 Maret 2019 14:17 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Guna melayani wisatawan mancanegara (wisman), sejumlah sopir jip wisata di Pantai Timang, Kecamatan Tepus, mulai belajar bahasa Inggris. Selama ini mereka masih terkendala saat berkomunikasi dengan turis asing.

Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul menekankan bahwa pelaku usaha di sektor pariwisata harus mengakomodasi kebutuhan wisman, dan penguasaan bahasa Inggris menjadi hal yang wajib. Sekretaris Dinpar Gunungkidul, Harry Sukmono, mengatakan beberapa pengelola tempat wisata seperti Nglanggeran dan Gua Pindul sudah bisa memandu wisman dengan bahasa Inggris. “Semoga di objek wisata lain anggota kelompok sadar wisata [pokdarwis] mau belajar bahasa Inggris,” ucap Harry saat ditemui Harian Jogja, Rabu (13/2/2019)

Penggagas belajar bahasa Inggris di Pantai Timang, Ari Sulistyo, menuturkan dia membuat kegiatan tersebut dengan menyasar sopir jip wisata. Kegiatan tersebut diberi nama Jeep English. “Ada sekitar 20 orang sopir jip yang ikut belajar bahasa Inggris,” kata dia.

Sekadar diketahui, jumlah wisman yang berwisata ke Gunungkidul dari tahun ke tahun terus meningkat. Pada 2016 turis asing yang datang berjumlah 560 orang, naik menjadi 1.883 orang pada 2017, dan bertambah lagi menjadi 2.071 orang pada 2018.