Advertisement

NYIA Sudah Menyerap 5.000 Tenaga Kerja

Fahmi Ahmad Burhan
Kamis, 14 Maret 2019 - 15:57 WIB
Sunartono
NYIA Sudah Menyerap 5.000 Tenaga Kerja Pekerja sedang menyelesaikan proyek pembangunan terminal Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) pada Rabu (13/3/2019). - Harian Jogja/ Fahmi Ahmad Burhan.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-Proyek pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo terbukti telah menyerap ribuan tenaga kerja.

Manajer Proyek NYIA, Taochid Purnama Hadi menyatakan proyek NYIA mampu menyerap ribuan tenaga kerja dengan beragam jenis pekerjaan. "Sampai saat ini, jumlah pekerja proyek Bandara New Yogyakarta International Airport sudah mencapai 5.000 orang dengan berbagai spesifikasi pekerjaan," kata Taochid Rabu (13/3/2019).

Advertisement

Tim manajemen PT Angkasa Pura I yang menangani sumber daya manusia (SDM) juga sudah mulai merekrut tenaga kerja untuk pengoperasian minimum penerbangan internasional yang direncanakan pada awal April 2019. Adapun rekrutmen tenaga kerja yang dibutuhkan, seperti security, office boy, hingga calon pegawai lainnya.

Terkait dengan keterlibatan pekerja lokal, khususnya warga terdampak pembangunan Bandara NYIA, Taochid mengatakan sampai saat ini sudah banyak warga yang masuk dan terlibat dalam proyek NYIA. Untuk pekerja profesional, AP I telah memberikan training seperti ground handling dengan sertifikasi nasional sebanyak 39 orang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kulon Progo Eko Wisnu Wardhana mengatakan kebutuhan tenaga kerja di NYIA sangat besar, khususnya di bagian cleaning servis. "Kebutuhan paling banyak cleaning servis, hampir separuh dari kebutuhan mereka, tapi jumlah pastinya berapa kewenangan itu kewenangan API," kata Eko.

Eko mengatakan dengan kebutuhan yang besar ini membuka peluang warga Kulonprogo untuk bekerja di bandara. Adapun saat ini berdasarkan komitmen API dengan Pemkab, prioritas tenaga kerja di NYIA terbagi menjadi tiga bagian, yakni warga terdampak langsung bandara, warga terdampak dan di luar itu semua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement