Advertisement

Tour De Jogja Targetkan 4.000 Wisatawan

Sunartono
Jum'at, 15 Maret 2019 - 19:47 WIB
Sunartono
Tour De Jogja Targetkan 4.000 Wisatawan Ilustrasi sepeda - HarianJogja/Gigih M. Hanafimax grade

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--DIY akan menggelar event bersepeda dengan konsep long distance cycling bertema Exploride for Happiness Life pada Minggu (17/3/2019). Kegiatan yang melewati sejumlah titik kawasan wisata ini diharapkan dapat meraup kunjungan wisatawan hingga 4.000 dalam event tersebut.

Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata DIY Marlina menjelaskan, Tour de Jogja merupakan kegiatan bersepeda yang menjadi salah satu dari 127 event yang diselenggarakan Dinas Pariwisata DIY. Tour de Jogja memberikan kesempatan kepada para pesepeda tidak untuk meraih hadiah tetapi memberikan apresiasi kepada penggemar sepeda.

Advertisement

Adapun rute bersepeda akan menempuh jarak sekitar 142 kilometer dengan melintasi sejumlah kabupaten di DIY dengan harapan sekaligus menikmati wisata. Minat masyarakat dalam event ini sangat tinggi, sebanyak 1.200 penghobi sepeda sudah mendaftarkan. Dari ribuan itu sebanyak 20 di antaranya merupakan peserta dari negara lain seperti Amerika Serikat, Korea Selatan, Malaysia dan sejumlah negara lainnya.

"Tour de Jogja merupakan acara perpaduan antara olahraga dan wisata, dengan bersepeda kita dapat berolahraga, sekaligus dapat menikmati sejumlah destinasi wisata di rute yang dilalui. Kami menargetkan 4.000 wisatawan yang hadir dalam event ini, karena saya yakin selain peserta mereka banyak yang membawa keluarga atau teman mereka," terangnya dalam rilisnya, Jumat (15/3/2019).

Ia menambahkan rute yang akan dilalu antara lain start dari Prambanan menuju Cangkringan, Pakem, Tempel, Seyegan, Minggir, Nanggulan, Sentolo Kulonprogo kemudian menuju Seyegan Sleman, Cebongan, Pendowoharjo, Jalan Kaliurang hingga kembali ke Prambanan. Kegiatan itu termasuk untuk melakukan branding akan keberadaan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo yang rencananya akan diresmikan pada April 2019. Sehingga menyasar banyak kawasan wisata di Pegunungan Menoreh.

"Salah satu tamu VIP yang juga akan mengikuti bersepeda sejauh 142 kilometer adalah Gubernur Jawa Tengah [Ganjar Pranowo]," katanya.

Salah satu panitia Tour De Jogja Septiadi mengatakan selama rute berlangsung akan melewati tiga check point (CP) yang berada di Sumber Agung dan SD Gembongan serta SD Gentan. Event itu juga diserta race bagi pesepeda yaitu uphill challenge atau dikenal King of Mountain (KOM)/Queen of Mountain (QOM) sejauh 9,5 kilometer 825 elevation gain-14% max grade. "Kami sudah menyiapkan berbagai hal termasuk timk kesehatan dan peralatan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement