Advertisement

Dinyatakan Waspada, Sungai Besar di DIY Alami Peningkatan Debit

Sunartono
Minggu, 17 Maret 2019 - 23:57 WIB
Sunartono
Dinyatakan Waspada, Sungai Besar di DIY Alami Peningkatan Debit Debit air Sungai Serang meningkat di Jembatan Serang, Desa Sendangsari, Pengasih, pada Minggu (17/3/2019). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY menyatakan sejumlah sungai serta waduk yang berada di DIY terjadi peningkatan debit air secara signifikan. Dua sungai besar yang membelah Kota Jogja dinyatakan status waspada.

Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana mengatakan kondisi waduk dan sungai di wilayah DIY terus mengalami peningkatan debit seiring hujan yang terus mengguyur hingga Minggu (17/3/2019) malam. Dua sungai besar yang melintasi Kota Jogja dinyatakan status waspada.

Advertisement

“Sungai Winongo ada peningkatan, status waspada, kemudian Sungai Gajah wong ada peningkatan, status waspada,” terangnya Minggu malam.

Ia menambahkan, Waduk Sermo di Kulonprogo juga mengalami peningkatan debit air yang terjadi secara signifikan, sehingga perlu diwaspadai.  “Untuk Kabupaten Kulonprogo wilayah terdampak genangan di empat kecamatan meliputi Panjatan, Wates, Sentolo dan Temon sedangkan terdampak longsor di Kecamatan Kokap,” katanya.

Kemudian aliran Sungai Serang di Margosari, Pengasih Kulonprogo  debitnya terus meningkat, bahkan pada Minggu (17/3/2019) malam di kabarnya sudah meluap ke pemukiman.

“Sungai di gua kebon mengalami penambahan drastis, tanggul di Bendungan Wates Jebol, Sungai Progo ada peningkatan debit, Bedog juga ada peningkatan, sehingga perlu kewaspadaan daerah Bantul selatan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement