Advertisement

PN Wonosari Jadi Pelopor Layanan Inklusi di DIY

Rahmat Jiwandono
Senin, 08 April 2019 - 14:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
PN Wonosari Jadi Pelopor Layanan Inklusi di DIY Ketua Sigab Suharto (kiri) dan Ketua PN Wonosari, Husnul Khotimah, berjabat tangan seusai penadatanganan kerja sama inklusi bagi kaum disabilitas, Senin (8/4/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pengadilan Negeri (PN) Wonosari menjadi pelopor pengadilan pertama di DIY dalam penyediaan layanan inklusi bagi kaum disabilitas. Hingga saat ini, pengadilan negeri di tiga kabupaten dan Kota Jogja belum memiliki fasilitas inklusi.

Ketua PN Wonosari, Husnul Khotimah, mengatakan penyediaan layanan inklusi bagi disabilitas terkait dengan pemenuhan rasa keadilan sekaligus ingin memastikan proses-proses berkeadilan bagi penyandang disabilitas. "Keadilan yang dimaksud adalah baik di persidangan maupun pelayanan publik," ujarnya seusai Penandatanganan Kerja Sama Layanan kepada Penyandang Disabilitas di PN Wonosari, Senin (8/3/2019). Kerja sama melibatkan tiga institusi yakni PN Wonosari, Sasana Integrasi dan Advokasi Difabel (Sigab) dan Pusham UII.

Advertisement

Dijelaskan Husnul, dalam persidangan perlu diperhatikan kebutuhan kaum disabilitas. "Misalnya dalam urusan persidangan disediakan penerjemah bagi kaum tuna wicara," ucapnya.

Husnul menegaskan pelayanan inklusi disabilitas yang dirintis oleh PN Wonosari merupakan yang pertama di DIY. Oleh karena itu, dia turut mengundang perwakilan dari PN Bantul, Sleman, Kulonprogo, dan Kota Jogja.

Ketua Sigab DIY, Suharto, menuturkan ketersediaan fasilitas bagi kaum disabilitas mempermudah akses untuk kaum disabilitas di Gunungkidul. "Seperti kamar mandi dan adanya fasilitas audio serta video yang menggambarkan proses peradilan," kata Suharto. Selain itu, PN Wonosari juga mempertimbangkan kondisi disabilitas seseorang, baik sebagai pelaku, saksi, maupun korban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Rusun ASN di IKN Capai 40 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement