Advertisement

STPMD APMD Ajak Warga Kelola Sampah dari Rumah!

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 11 April 2019 - 11:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
STPMD APMD Ajak Warga Kelola Sampah dari Rumah! Tim pengabdian STPMD APMD melakukan pelatihan swakelola sampah berbasis masyarakat sebagai upaya pengorganisasian kelompok pengelola sampah mandiri di Desa Trimulyo, Selasa (9/4/201). - Harian JOgja/Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Tim pengabdian STPMD “APMD” melakukan pelatihan swakelola sampah berbasis masyarakat sebagai upaya pengorganisasian kelompok pengelola sampah mandiri di Desa Trimulyo, Selasa (9/4/201). Sasaran kegiatan pelatihan adalah ibu-ibu penggerak PKK Pedukuhan di Desa Trimulyo. 

Menurut Ketua Tim pengabdian, Fajarini, dipilihnya sasaran ibu-ibu pengegerak PKK karena saat ini, sampah sudah menjadi permasalahan bersama yang penting untuk ditanggulangi dan pengelolaan sampah dimulai dari sampah rumah tangga, untuk itu ibu-ibu menjadi contoh yang sangat baik untuk mendorong adanya kelompok pengelola sampah mandiri.

Advertisement

"Pada sesi pertama disampaikan tentang pentingnya pengelahan sampah mulai dari rumah tangga supaya kita tidak mewariskan sampah pada anak cucu," kata Aulia Widya Sakina dari tim STPMD “APMD”. 

Selain itu, beliau juga mencontohkan mengolah sampah plastik supaya bisa dimanfaatkan kembali melalui metode Ecobrick.      

Pada sesi kedua, kegiatan pelatihan yang bekerjasama dengan lembaga swasta dalam pengelolaan sampah yakni PT Aligadar menyampaikan pengolahan sampah organik. Triputra selaku narasumber dari PT Aligadar mendemosntrasikan cara pengelolaan sampah dapur organik menjadi kompos.  “Tidaklah sulit untuk mengolah sampah, yang penting kemauan," katanya.

Padahal menurutnya, sampah bila dikelola dapat menghasilkan banyak keuntungan bahkan bisa menjadi penghasilan tambahan bagi ibu-ibu.Beliau mencontohkan yang paling mudah dengan menyimpan sisa makanan dan daun-daun di suatu tempat dalam waktu kurang lebih dua minggu,  nantinya akan menjadi pupuk organik yang bisa dimanfaatkan untuk menanam sayur-sayuran yang sehat. 

Wiikan selaku Kesra Desa Trimulyo mengungkapkan pentingnya kegiatan pelatihan sampah karena 2019 ini Kabupaten Bantul juga sudah mencanangkan Bantul Bersih Sampah. Wilkan berharap kegiatan pelatihan ini dapat mendorong pelembagaan pengelolaan sampah yang terorganisirdi tingkat desa.

Acara ini ditutup dengan pembagian alat pengolahan sampah dapur sederhana pada tiap pedukuhan dan kesepakatan bersama untuk memulai mengolah sampah dari dapur menjadi bermanfaat kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement