Advertisement

Tak Ingin Mati Listrik Seperti Tahun Lalu, Sekolah Diminta Siapkan Genset

David Kurniawan
Kamis, 18 April 2019 - 03:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tak Ingin Mati Listrik Seperti Tahun Lalu, Sekolah Diminta Siapkan Genset Ilustrasi. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, WONOSARI--Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP sederajat akan dilaksanakan mulai Senin (22/4/2019). Sekolah pun diminta menyediakan genset untuk antisipasi ganguan kelistrikan sehingga pelaksanaan ujian tetap berjalan lancar.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olaharga Gunungkidul, Bahron Rasyid mengatakan, untuk kesiapan untuk UNBK telah selesai dilakukan. Ia mengklaim pihak sekolah pun sudah siap menggelar ujian yang berlangsung selama empat hari ini.

Advertisement

“Ujian akan digelar Senin [22/4/2019] hingga Kamis [25/4/2019]. Saya kira sekolah sudah siap karena pelaksanaan UNBK sudah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun,” kata Bahron kepada wartawan, Rabu (17/4/2019).

Dia menjelaskan, kesiapan untuk menggelar UNBK tidak hanya dari sisi siswa. Pasalnya, kesiapan juga menyangkut masalah sarana prasarana pendukung seperti jaringan internet komputer hingga memastikan jaringan listrik tetap tersedia saat ujian berlangsung.

“Semua sudah siap. Untuk komputer, kami sudah distribusikan 700 unit komputer ke sekolah-sekolah. Selain itu, untuk antisipasi jaringan listrik padam, sudah koordinasi dengan PLN agar selama ujian tidak ada kegiatan pemadaman,” ungkapnya.

Meski demikian, Bahron menambahkan, bahwa pihak sekolah harus tetap mengantisipasi terkait dengan masalah jaringan listrik. Salah satu antisipasi dapat dilakukan dengan menyewa genset agar pada saat ada listrik putus dapat diganti dengan genset sehingga pelaksanaan ujian tidak terganggu.

“Tahun lalu sempat ada masalah dengan jaringan listrik. Jadi, agar tidak terulang kembali, kami sudah menginstruksikan ke sekolah untuk menyediakan genset,” kata mantan Kepala Bidang Pendidikan Menengah ini.

Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Wonosari, Mulyadi mengatakan, untuk pelaksanaan UNBK, pihak sekolah menyewa genset. Kebijakan tersebut bertujuan agar kejadian mati lampu di 2018 tidak terulang kembali di tahun ini.

“Tahun lalu ujian sempat terganggu karena mati lampu. Jadi, tahun ini kami sewa genset agar pada saat mati lampu terjadi, ujian tidak terganggu,” kata Mulyadi.

Dia menambahkan, secara umum persiapan UNBK telah seratus persen sehingga tinggal pelaksanaan. “Semua sudah disiapkan dan mudah-mudahan semua berjalan lancar, para siswa dapat memperoleh hasil yang maksimal,” ungkpanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement