Advertisement

Gelombang Tinggi di Pantai Congot Merusak Perahu Nelayan

Jalu Rahman Dewantara
Kamis, 18 April 2019 - 17:07 WIB
Nina Atmasari
 Gelombang Tinggi di Pantai Congot Merusak Perahu Nelayan Seorang petugas SRI Wilayah V Kulonprogo tengah menengok kondisi perahu yang rusak akibat diterjang ombak tinggi di Pantai Congot, Kecamatan Temon, Kulonprogo, Kamis (18/4/2019). - Ist/ Dok Satlinma

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Fenomena gelombang tinggi disertai angin kencang melanda sepanjang pesisir Jawa. Di Kulonprogo, derasnya ombak membuat sejumlah perahu nelayan bergeser dari tempatnya. Beberapa di antaranya bahkan mengalami kerusakan.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Kulonprogo, Aris Widiatmoko mengungkapkan peristiwa ini dialami perahu nelayan di Pantai Congot, Kecamatan Temon, Kamis (18/4/2019). Katir atau bagian sayap perahu diketahui patah.

Advertisement

"Rusak karena dihantam gelombang laut yang makin tinggi, tapi hanya beberapa, yang banyak itu perahu pada bergeser dari tempatnya parkir," ucap Aris, Kamis sore.

Aris mengatakan berdasarkan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), perkiraan tinggi gelombang di perairan DIY berkisar antara 3 sampai 4 meter. Sementara kecepatan angin hingga 27 km/jam. Fenomena ini mulai muncul sejak Rabu (17/4/2019). Diprediksi akan berlanjut hingga Senin (22/4/2019).

Sebagai upaya mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, Aris telah mengerahkan jajaranya untuk melakukan patroli secara berkala. Selain itu, ia juga mengimbau kepada pengunjung pantai agar tidak bermain air untuk sementara waktu. "Begitupun dengan nelayan sementara tidak melaut dulu, sampai menunggu ombak kembali normal," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement