Perpustakaan Kota Jogja Berikan Penghargaan pada Pegiat Literasi

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Ddaerah Kota Jogja, Wahyu Hendratmoko, menyerahkan penghargaan kepada pegiat literasi, pemustaka, dan contributor pengembang literasi, dalam rangka perayaan World Story Telling Day, Senin (22/4/2019). - Harian Jogja/Lugas Subarkah
23 April 2019 09:37 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Dalam rangka merayakan Worls Story Telling Day, perpustakaan Kota Jogja menyerahkan penghargaan bagi pegiat literasi, pemustaka, dan kontributor pengembang literasi yang berperan dalam perkembangan story telling di Kota Jogja, Senin (22/4/2019).

Kegiatan story telling telah diselenggarakan dan menjadi bagian dari layanan Perpustakaan Kota Jogja, baik perpustakaan di Kotabaru, Pevita dan keliling, telah menyediakan materi dan pustakawan yang siap mendongeng untuk pemustaka.

Adapun pemberian penghargaan ini dibagi dalam beberapa kategori, pertama, Pegiat Literasi Perpustakaan Kota Jogja, diberikan kepada Widianto dan Said Harmansyah. Kedua, Pemustaka Terbaik Perpustakaan Kota Jogja, diberikan kepada Kristiawan Budianto.

Ketiga, Kontributor Pengembang Literasi tingkat TK/PAUD Kota Jogja, diberikan kepada Kiki. Keempat, Kontributor Pengembang Literasi Tingkat SD Kota Jogja, diberikan kepada Tri Sumaryanto. Kelima, Pelajar SMP, diberikan kepada Cahaniko Yahya. Keenam, Pelajar SMA, diberikan kepada Angelica Christina Wibowo.

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Jogja, Wahyu Hendratmoko, mengatakan layanan story telling merupakan upaya untuk menumbuhkan minat baca pada anak. Menurutnya, merayakan Hari Mendongeng Sedunia ini penting untuk mengapresiasi mereka yang terlibat langsung.

Ia menjelaskan, melalui story telling, kita dapat membangun karakter, mengasah daya pikir dan menumbuhkan imajinasi anak. “Dengan dongeng kita juga bisa menanamkan nilai-nilai moral seperti kesetiakawanan, kejujuran, rendah hati dan lainnya,” kata Wahyu.

Sejak mulai dilaksanakan beberapa tahun silam, story telling Perpustakaan Kota Jogja telah menghasilkan bibit-bibit pendongeng cilik berprestasi nasional. Semisal pada 2018 lalu, pendongeng perwakilan Perpustakaan Kota Jogja, RR Nadia Marfath Khairunnisa, berhasil meraih juara satu lomba bercerita tingkat nasional yang diselenggarakan Perpustakaan Nasional RI.

Hari mendongeng sedunia diperingati setiap tanggal 20 maret. Berawal di Swedia pada 20 Maret 1990, yang pada waktu itu di Swedeia diselenggarakan Alla berattares dag. Kemudian pada 1997 Australia barat menyelenggarakan Celebration of Story selama lima minggu, yang kemudian diikuti negara-negara Amerika Selatan. Hingga sekarang hampir seluruh dunia merayakannya.