Jalur Lambat di Selatan Gapura Bantul Bakal Dibongkar Tahun Ini

Gapura Bantul. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
17 Mei 2019 23:37 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Jalur lambat sepanjang kurang lebih 600 meter di utara Simpang Empat Klodran, Jalan Bantul, tahun ini bakal dihilangkan.

Bupati Bantul, Suharsono mengatakan penataan jalur di utara Simpang Klodran itu sebenarnya sudah sudah lama direncanakan saat Pemkab menata sepanjang Jalan Jenderal Sudirman. Perencanaan itu, diakui Bupati penting dilakukan lantaran Jalan Bantul, mulai Simpang Empat Klodran sampai batas kota itu merupakan pintu masuk sekaligus jadi wajah kota Bantul.

Namun keinginan tersebut belum tereksekusi lantaran kewenangan Jalan Bantul ada di Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Untuk tahun ini, Pemkab Bantul diakui dia sudah berkomunikasi dengan BBPJN.

"[Simpang Empat] Klodran ke utara tahun ini akan diperbaiki, itu jalan nasional. Saya sudah surati Pemerintah Pusat minta supaya perbaikan disamakan dengan Jalan Jenderal Sudirman," kata Suharsono, saat ditemui di Parasamya, kompleks Pemkab Bantul, Jumat (17/5/2019).

Menurut Suharsono, perbaikan Jalan Bantul dipastikan sama dengan Jalan Jenderal Sudirman yang sudah lebih dulu diperbaiki, yakni menghilangkan jalur lambat dan membuat jalan tersebut menjadi dua jalur. "Hanya pembatas jalannya nanti lebih pendek, tidak seperti di Jalan Sudirman yang tinggi," tegas pensiunan Polri berpangkat Komisaris Besar ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul, Helmi Jamharis menambahkan usulan Pemkab untuk menata Jalan Bantul sudah mendapat tanggapan dan direncanakan tahun ini. Namun tepatnya bulan apa, Helmi mengaku belum tahu karena kewenangan ada di Pemerintah Pusat. "Termasuk soal anggarannya berapa itu yang menghitung pusat. Yang jelas hasil komunikasi sementara penataan dimulai tahun ini," kata Helmi.