Advertisement

Ada Bandara, BLK Perlu Jadi Solusi Ketenagakerjaan di Kulonprogo

Jalu Rahman Dewantara
Sabtu, 18 Mei 2019 - 13:47 WIB
Nina Atmasari
Ada Bandara, BLK Perlu Jadi Solusi Ketenagakerjaan di Kulonprogo Pembangunan terminal Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo, Sabtu (6/4/2019). - Harian Jogja/Budi Cahyana

Advertisement


Harianjogja.com, KULONPROGO--Keberadaan Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulonprogo perlu diimbangi dengan keseriusan pemerintah setempat dalam meningkatkan kecakapan tenaga kerja. Hal ini menjadi tugas Balai Latihan Kerja (BLK) untuk menjawab permasalahan tersebut.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Ermalena dalam kunjungannya bersama rombongan DPR RI di Kulonprogo, Jumat (17/5/2019). Adapun kunjungan ini dalam rangka pengembangan skill dari setiap sumber daya manusia (SDM) agar tercipta karya yang berkualitas seiring adanya bandara di Kulonprogo.

Advertisement

"Peran BLK yang sesungguhnya terletak bagaimana mampu mengatasi agar jangan sampai anak-anak Kulonprogo menjadi penonton di tempatnya sendiri. Diharapkan anak-anak mampu mengisi tempat dengan posisi strategis di peluang kerja yang ada," kata Ermalena.

Ermalena mengatakan ketenagakerjaan di Kulonprogo menjadi masalah tersendiri yang perlu diperhatikan. Sebab adanya bandara dan beberapa peluang kerja akan menyerap tenaga kerja yang banyak. Namun, peluang besar ini masih perlu dipertanyakan ihwal kualitas SDM, apakah sudah sesuai atau belum.

Bupati Hasto Wardoyo yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan sejak YIA berdiri, peluang kerja bagi masyarakat Kulonprogo terbuka lebar. Hal ini lanjutnya harus dimanfaatkan bagi calon pekerja, tapi bukan hanya untuk sekadar mengisi kekosongan peluang, lebih dari itu perlu diimbangi kualitas yang baik.

Atas hal itu kata Hasto BLK hadir menjadi tulang punggung dalam mencetak pekerja yang sesuai dengan kebutuhan pasar.  Pemerintah juga berperan dalam menginisiasi program Reorientasi, Revitalisasi, dan Rebranding BLK yang memfokuskan pada pembinaan SDM berdasarkan kejuruan yang mudah dan terarah.

"Kami juga mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas kejuruan unggulan, pembinaan instruktur serta peningkatan reputasi BLK,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Bongkar Kasus Korupsi PT Timah Menyeret Harvey Moeis, Ini Komentar Kementerian BUMN

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement