Advertisement

Badingah Minta Perantau Harus Punya Keahlian Khusus

Rahmat Jiwandono
Sabtu, 08 Juni 2019 - 07:57 WIB
Sunartono
Badingah Minta Perantau Harus Punya Keahlian Khusus Anggota IKG berjabat tangan dengan Bupati Gunungkidul, Badingah (kiri) dalam acara halal bihalal bersama di Bangsal Sewoko Projo pada Jumat (7/6/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono.

Advertisement

Harianjogja.com, WONOSARI -- Jumlah masyarakat perantauan dari Kabupaten Gunungkidul mencapai ratusan ribu orang. Menurut data Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG) jumlahnya sekitar.

300.000 orang merantau yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Advertisement

Ketua IKG, Eddy Sukirman, mengungkapkan anggota IKG terdiri dari berbagai pekerjaan seperti TNI, polisi, guru, pengusaha, tukang parkir, serta asisten rumah tangga. Ia menegaskan IKG merupakan wadah untuk menjalin komunkasi dan silaturahmi antar warga asli Bumi Handayani yang ada di perantauan.

"Bagi yang sudah terdaftar akan diberikan ID kepada para anggota. Kami juga masih mendata orang asli sini yang belum masuk IKG," ucapnya seusai Halal Bihalal di Bangsal Sewoko Projo, Jumat (7/6/2019)

Lebih lanjut dikatakan Eddy, pada lebaran kali ini pihaknya berhasil melakukan progoram mudik bersama. Jumlah pemudik yang ke Gunungkidul ialah 2.700 orang ke 18 kecamatan yang ada di Gunungkidul.

Bupati Gunungkidul, Badingah, mengimbau kepada para masyarakat Gunungkidul yang akan merantau sebaiknya melihat dahulu kemampuan apa yang dipunyai. Pasalnya, ia menyayangkan jika perantau tidak punya keahlian khusus akan menambah beban tempat ia merantau.

"Bukan hanya untuk daerahnya tetapi juga dirinya sendiri," ujar Badingah.

Menurut Badingah, di Kabupaten Gunungkidul ada lowongan kerja. "Lebih baik jika membangun wilayahnya sendiri," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement