Ribuan Ikan di Laguna Trisik Mati Mendadak, Diduga Keracunan Limbah Tambak Udang

Ilustrasi ikan mati. - Ist/Inafeed
10 Juni 2019 19:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO- Ribuan ikan di Laguna Pantai Trisik, Kecamatan Galur, mati secara mendadak. Diduga kematian pelbagai jenis ikan meliputi nila hitam, petik, keting sejenisnya itu akibat pencemaran air oleh limbah budidaya udang.

Kematian massal ini dibenarkan oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulonprogo Sugiharto. Pihaknya mendapatkan laporan dari para nelayan laguna bahwa ikan milik mereka mati secara mendadak sejak Rabu (5/6/2019).

"Kami duga ada sangku pautnya dengan limbah tambak di sekitar lokasi," kata Sugiharto, Senin (10/6/2019) sore.

Dugaan ini berdasarkan aktivitas petambak udang yang kerap membuang limbah ke Laguna Trisik. Kondisi diperparah dengan mulai masuknya musim kemarau sehingga terjadi penyusutan air di laguna tersebut. Saat air mulai menyusut, secara otomatis kandungan bahan organik dari limbah meningkat dan meracuni ikan.

Kepala Seksi Kesehatan Ikan dan Lingkungan DKP Kulonprogo Siti Khoiriyah mengungkapkan berdasarkan hasil uji laboratorium terhadap kandungan PH air di Laguna trisik, jumlahnya mencapai 9,33. Ini lebih tinggi dengan PH normal yakni 7.