Gelapkan Mobil Rental, Pria Bantul Ini Dicokok Petugas

Pelaku saat di Mapolsek Mlati, Rabu (12/6 - 2019). Harian Jogja/Yogi Anugrah.
12 Juni 2019 14:17 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Seorang pria asal Kecamatan Kasihan, Bantul, bernama Ananta Reza, 29, ditangkap petugas Polsek Mlati beberapa waktu yang lalu. Ia ditangkap lantaran menggelapkan mobil sewa milik korban Mahendra Sigit, warga Mlati, Sleman.

Kapolsek Mlati Kompol Yugibayu mengatakan kronologi kejadian bermula pada Senin (29/5). Saat itu, tersangka menyewa satu unit mobil Toyota Innova di rental milik korban dalam jangka waktu satu minggu. “Namun penyewaan diperpanjang lagi oleh tersangka. Dia bilang akan mengembalikan mobil tersebut pada Selasa [21/5/2019],” kata Kapolsek kepada wartawan di Mapolsek Mlati, Rabu (12/6/2019).

Kapolsek mengatakan tersangka memang sudah terkenal di kalangan pengusaha sewa mobil. Dengan begitu saat pelaku meminjam mobil, korban sudah memercayai pelaku. “Namun pada Selasa, mobil tersebut tidak dikembalikan oleh pelaku. Korban kemudian mencari pelaku, dan mencoba menghubunginya, namun nomor ponsel pelaku tidak aktif,” lanjut Kapolsek.

Korban pun akhirnya melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Mlati, setelah dilakukan penyelidikan beberapa hari. Petugas mendapatkan mobil milik korban di salah satu pegadaian di wilayah Kota Jogja. “Petugas kemudian mengejar tesangka dan berhasil ditangkap di wilayah Purworejo. Saat ditangkap, ia langsung mengakui perbuatannya,” ucap Kapolsek.

Berdasarkan penuturan korban, tersangka sudah beberapa kali meminjam mobil di tempatnya, sehingga ia sudah memercayai korban. “Biasa dia langsung bayar, namun yang kejadian ini, dia tidak mengembalikan dan malah menggadaikan mobil saya,” kata korban.

Sementara itu, pelaku Ananta Reza mengaku hasil dari menggadaikan mobil tersebut digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan juga untuk membayar hutang-hutang mobil yang telah ia gadai. “Ya gali lubang tutup lubang, saat beraksi saya sendirian,” ucap dia.