Tidak Mengenal Voting, Pemilihan Ketua DPC PDIP Bantul Akan Dilakukan dengan Musyawarah

Megawati Soekarnoputri. - Okezone/Bayu
25 Juni 2019 04:17 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bantul telah mengirim sejumlah nama bakal calon ketua DPC untuk periode lima tahun ke depan kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP. Nama-nama tersebut nantinya akan disaring DPP menjadi tiga nama, kemudian dimusyawarahkan dalam Konferensi Cabang (Konfercab).

Ketua DPC PDIP Bantul, Aryunadi mengatakan nama-nama yang dikirim ke DPP untuk bakal calon ketua DPC di antaranya adalah Aryunadi sendiri. Kemudian ada nama Hanung Raharjo, Joko Purnomo, Tumbul Harjana, Kusbowo Prasetyo, Dwi Kristianto, Sri Surya Widati, Ngastini, Nurhandoko, Rasidi, dan Suratman. Nama-nama tersebut sudah disampaikan ke DPP untuk dipilih menjadi tiga orang.

Tiga nama nantinya bakal dimusyawarahkan kembali dalam Konfercab PDIP pada 29 Juni mendatang bersamaan dengan Konferensi Daerah (Konferda) PDIP DIY. Proses pemilihan ketua DPC, kata Aryunadi, ditentukan melalui musyawarah atau tidak melalui pemilihan.

“Kami Tak kenal vote tetapi mufakat. Aturan sekarang PAC dan DPC hanya mengusulkan. Yang menentukan DPP,” kata Aryunadi, saat dihubungi Senin (24/6/2019).

Meski tiga nama ditentukan DPP, Aryunadi memastikan penentuan ketua berdasarkan sepak terjang masing-masing bakal calon. Selain mengusulkan nama calon ketua DPC Bantul, DPC Bantul juga mengusulkan delapan nama calon ketua DPD PDIP DIY. Mereka adalah bambang praswanto, Yuni Satya rahayu, My Esti Wijayati, Nuryadi, Joko Purnomo, Aryunadi, Timbul Harjana, dan Kusbowo.

Sementara untuk calon Ketua Umum PDIP yang disulkan dari Bantul, “Kami DPC bantul sepakat bersama DPD DIY mengangkat kembali ibu Megawati,” tegas Aryunadi. Namun Aryunadi tidak menjelaskan alasan mengusulkan kembali nama Megawati Sukarnoputri untuk memimpin kembali partai berlambang moncong putih tersebut.

Disinggung soal lokasi Konfercab dan Konferda, pria yang terpilih menjadi Anggota DPRD bantul periode 2019-2029 ini mengaku belum tahu, “Konfercab dan Konferda diselenggarakan serentak tapi kami belum tahu tempatnya,” tandas Aryunadi.