Advertisement

Ratusan Pipa Rumah Segera Tersambung ke IPAL

Rahmat Jiwandono
Jum'at, 05 Juli 2019 - 21:52 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Ratusan Pipa Rumah Segera Tersambung ke IPAL Ilustrasi fasilitas IPAL. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sebanyak 350 pipa rumah segera tersambung ke Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Desa Karangrejek, Kecamatan Wonosari. Menurut data Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, terdapat 198 pipa sambungan di rusunawa serta sisanya 152 pipa sambungan rumahan (SR) milik warga sekitar.

Kepala Bidang Cipta Karya DPUPRKP Gunungkidul, Agus Subariyanta, mengatakan hasil pengolahan IPAL nantinya disalurkan ke Sungai Besole. Ia mengklaim limbah yang disalurkan tidak akan mencemari lingkungan. "Air limbah yang dialirkan sudah diproses di dalam IPAL," ujarnya, Jumat (5/7/2019).

Advertisement

Agus menyatakan panjang pipa yang dibutuhkan untuk mengalirkan IPAL mencapai 1,3 kilometer. Rencananya pembangunan IPAL menggunakan dana APBD 2019 dengan sistem penggantian dan saat ini dalam tahap tender. "Artinya kami ajukan verifikasi terhadap pipa SR supaya dana pembangunan yang memakai APBD diganti dengan dana APBN yang nilainya Rp1,5 miliar," katanya.

Seorang penghuni Rusunawa Karangrejek, Kecamatan Wonosari, Hardi, menyatakan ia tidak mengetahui akan ada pembangunan IPAL. Menurutnya, selama tinggal di rusunawa selama enam bulan belum menemui gangguan soal pembuangan air. "Lancar-lancar saja untuk saat ini," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement