Polisi Periksa 6 Saksi Penembakan Pos Polantas Siluwok

Ilustrasi penembakan. - JIBI
08 Juli 2019 19:47 WIB Yogi Anugrah Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Pos Polisi Lalu Lintas (Polantas) di Kulonprogo ditembak oleh orang tidak dikenal, Kamis (4/7/2019). Sampai saat ini, sudah ada enam orang yang diperiksa polisi terkait dengan peristiwa tersebut.

“Kami dalam penyelidikan. Itu bukan senjata standart. Jadi kalau tidak standart kami juga berkoordinasi dengan teman-teman Perbakin,” kata Dir Reskrimum Polda DIY Kombes Pol Hadi Utomo, Senin (8/7/2019) di Mapolda DIY.

Saat ini, kata dia, pihaknya sudah memeriksa sekitar enam saksi, selain itu, dari CCTV, juga sudah ada gambaran terduga pelaku yang berboncengan menggunakan sepeda motor.

“Seperti yang telah disampaikan Pak Kapolda, itu orang iseng saja, tidak ada korban juga. Bukan suatu peristiwa yang serius, tapi kami tetap lakukan penyelidikan,” ujar dia.

Sebelumnya, Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan pelaku hanya orang iseng, dan meminta publik tidak membesar-besarkan peristiwa tersebut.

“Udah gausah digede-gedein. Orang lewat saja itu. Orang iseng aja itu. Kecuali senjatanya bedil beneran. Ini kan senapan angin,” kata dia kepada wartawan di Mapolda DIY, Jumat (6/7/2019).

Apalagi, kata dia, saat kejadian penembakan terjadi, pos polisi lalu lintas tersebut dalam keadaan kosong.

“Tapi harusnya jangan diapakan juga, ketahuannya juga kan lagi pos kosong. Kecuali lagi ada orang, apa memang serius. Gotri kan senapan angin. Tidak ada hal yang ini, hanya orang lewat saja. Ini kan hanya orang lewat atau bisa jadi juga ini kan senapan angin,” ujar dia.

Ia pun mengatakan tidak ada peningkatan keamanan yang dilakukan buntut dari peristiwa tersebut.

“Nggak ada [peningkatan pengamanan], biasa-biasa aja, Jogja sudah aman. Kalau lidik iya tetap kami lakukan," ucap dia.

Disinggung apakah peristiwa penembakan pos polisi Siluwok tersebut terkait dengan aksi pelemparan bom molotov di rumah dinas ketua DPRD Magelang. Ia pun mengatakan tidak ada kaitannya.

Diberitakan sebelumnya, pos polisi lalu lintas di pertigaan Siluwok, Desa Tawangsari, Kecamatan Pengasih ditembak oleh orang tak dikenal. Peristiwa itu terjadi Kamis (4/7/2019), sekitar pukul 04.00 WIB.